Halaman

Pidato Bahasa Indonesia Tentang Disiplin

 Pidato Bahasa Indonesia Tentang Disiplin

Sumber gambar: Freepik.com


CecepGaos.Com - Halo Sahabat Edukasi! Selamat datang kembali di blog sederhana CecepGaos.Com, media informasi pendidikan. 


Kali ini CecepGaos.Com akan berbagi teks pidato bahasa Indonesia tentang disiplin.   

Pidato Bahasa Indonesia Tentang Disiplin oleh Cecep Gaos

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yang terhormat Bapak dan Ibu dewan juri.
Yang terhormat Bapak dan Ibu guru serta teman-teman yang saya cintai.

Marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat-Nya sehingga pada kesempatan ini, kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal afiat. Saya mengucapkan terima kasih kepada panitia atas kerja kerasnya sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Saya mengucapkan terima kasih kepada ibu guru yang telah membimbing dengan penuh kesabaran sehingga saya dapat tampil pada lomba pidato bertema “Disiplin Dimulai dari Diri Sendiri”.

Hadirin yang saya hormati,
Disiplin itu sangat diperlukan karena dengan melakukan disiplin, kita akan mampu untuk konsisten menjalankan apapun. Sikap disiplin akan memberikan nilai dan hasil yang lebih baik.. Disiplin adalah sebuah dorongan dalam diri untuk melakukan sesuatu yang seharusnya pada waktu dan tempat yang tepat dengan cara yang sesuai dengan peraturan yang berlaku. Perilaku disiplin ini harus kita lakukan di rumah, sekolah, dan dimanapun kita berada. Mengapa kita harus berperilaku disiplin di sekolah? Karena untuk memelihara perilaku kita agar tidak menyimpang dan dapat mendorong kita untuk berperilaku yang sesuai dengan norma, peraturan, dan tata tertib yang berlaku di sekolah. 
Coba bayangkan apa yang terjadi jika kita tidak memiliki disiplin diri yang baik? Apalagi sebagai pelajar, jika kita tidak memiliki disiplin diri, semua kegiatan kita akan berantakan, banyak tugas yang tidak terselesaikan. Jika kita tidak bisa memanfaatkan waktu dengan baik untuk belajar, maka nilai akademik kita akan turun. Disiplin merupakan hal yang perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan harus dimulai dari diri kita sendiri. 

Hadirin yang berbahagia,
Kita banyak melihat contoh-contoh perilaku disiplin yang telah dilakukan seseorang, seperti tidur malam tidak lebih dari jam sembilan malam, bangun tidur selalu merapikan tempat tidurnya, tidur siang dengan teratur, belajar di kelas dengan tertib, memperhatikan guru saat menerangkan pelajaran, dan sebagainya. Selain itu, kita juga melihat banyak perilaku yang tidak disiplin seperti saat bermain sampai lupa waktu belajar, setelah bermain tidak dirapikan kembali, masih melanggar peraturan lalu lintas di jalan raya, dan banyak lagi. Marilah kita bertanya pada diri kita sendiri, sudahkah kita berperilaku disiplin? Jangan kita menyuruh orang lain untuk disiplin tetapi kita sendiri tidak melakukannya. 

Hadirin yang berbahagia,
Jika kita membiasakan disiplin di rumah dari hal-hal kecil, maka kita akan terbiasa disiplin dimana pun kita berada. Jika kita disiplin, hidup yang kita jalani akan sesuai dengan apa yang kita inginkan dan berjalan teratur karena berdisiplin berarti kita sudah melaksanakan apa yang seharusnya kita laksanakan tanpa melanggar apa yang telah ditentukan. 
Disiplin adalah kunci dari keberhasilan seseorang. Jika kita tidak disiplin, maka akan merugikan diri sendiri, dan juga orang lain. Jika kita dapat melakukan disiplin pada semua aspek kehidupan, baik di rumah, di sekolah, maupun di lingkungan masyarakat, maka akan banyak manfaat yang kita peroleh, diantaranya dapat meningkatkan kualitas hidup kita. Dengan disiplin, kita dapat memanfaatkan waktu dengan baik tanpa ada waktu yang terbuang sia – sia. Jika kita berdisiplin, maka kita akan menjadi pribadi yang selalu menaati aturan serta memiliki pribadi yang berkualitas. 
Tidak ada ruginya jika kita berperilaku disiplin. Justru banyak manfaat yang kita peroleh. Dengan disiplin diri kita menjadi lebih baik, lebih percaya diri, dan lebih disegani oleh orang lain. 
  
Hadirin yang berbahagia,
Untuk menumbuhkan perilaku disiplin diri, kita harus mulai dari diri sendiri. Banyak hal yang harus kita lakukan, diantaranya bangun tepat waktu, selalu menjaga kebersihan, pulang sekolah tepat waktu, belajar setiap hari, membatasi waktu menonton televisi. Memang sulit untuk menjadi disiplin karena kita telah lama dimanjakan dengan banyak hal yang melenakan dan membuat kita nyaman dengan kebiasaan bermalas-malasan. Untuk melatih kedisiplinan, kita bisa membuat jadwal kita sehari-hari dan menempelkannya sehingga kita mempunyai jadwal pasti untuk mengerjakan tugas, menonton televisi, dan bermain.
   
Hadirin yang saya hormati,
Dari pidato ini, saya menyimpulkan bahwa disiplin sangat penting dalam kehidupan kita. Disiplin bukan hanya slogan saja, tetapi harus diterapkan dalam perilaku sehari-hari. Jika kita berdisiplin, insyaallah akan mencapai keberhasilan. Disiplin harus dimulai dari diri sendiri. Semoga kita dapat menerapkan perilaku disiplin dalam kehidupan sehari-hari.    
Demikianlah pidato dari saya. Semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Terima kasih atas perhatiannya. Mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan.  

Wassallamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Kerangka Pidato

I. Pembukaan
a. Salam
b. Salam hormat
c. Ucapan puji syukur
d. Tema : Disiplin Dimulai dari Diri Sendiri
II. Isi
a. Pengertian disiplin
b. Gambaran perilaku disiplin
c. Gambaran perilaku tidak disiplin
d. Disiplin merupakan kunci keberhasilan
e. Manfaat disiplin bagi diri sendiri
f. Perilaku disiplin yang harus kita lakukan
III. Penutup
a. Simpulan
b. Harapan terhadap perilaku disiplin
c. Ucapan terima kasih dan permohonan maaf
d. Salam penutup



Teks pidato tersebut dapat diunduh (download) DISINI.

Demikianlah teks pidato bahasa Indonesia tentang disiplin.

Semoga bermanfaat.


0 Response to "Pidato Bahasa Indonesia Tentang Disiplin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel