Halaman

Pidato Bahasa Indonesia tentang Keutamaan dan Pentingnya Ilmu

Sumber gambar: Pinterest.de


CecepGaos.Com - Halo Sahabat Edukasi! Selamat datang kembali di blog sederhana CecepGaos.Com, media informasi pendidikan. 


Kali ini CecepGaos.Com akan berbagi teks pidato bahasa Indonesia  tentang keutamaan dan pentingnya ilmu.   

Pidato Bahasa Indonesia tentang Keutamaan dan Pentingnya Ilmu

Mukaddimah (Dok.Cecep Gaos)

(Alhamdulillahirobbil ‘aalamiin. Wal’aaqibatu lilmuttaqiin. Walaa ‘udwaana illaa ‘aladzdzoolimiin. Washsholaatu wassalaamu ‘alaa asyrofil ambiyaai walmursaliin. Sayyidina wamaulaanaa Muhammadin. Wa’alaa aalihii washohbihii ajma’iin. Ammaa ba’du.)


Dewan juri yang arif dan bijaksana yang saya hormati
Bapak dan Ibu guru pembimbing yang saya mulyakan
Teman-temanku yang berbahagia



Hadirin Rohimakumulloh.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, yang telah memberikan nikmat kepada kita, dari nikmat yang paling kecil, sampai nikmat yang paling besar, yaitu nikmat Iman dan Islam. Sholawat beserta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita, Revolusioner Islam sedunia, pendobrak kebathilan, penghancur kemunkaran, pembawa rahmat seluruh alam, yang telah membawa umat manusia dari zaman jahiliyah, yang penuh dengan kegelapan menuju alam islamiyah yang penuh dengan nuur cahaya kedamaian, yaitu baginda alam, habiibana wanabiyyanaa wamaulaanaa Muhammad SAW.

Hadirin Rohimakumulloh,

Sebelum menyampaikan pidato ini, izinkanlah saya untuk memperkenalkan diri. Karena ada pepatah bilang tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta. Nama saya......., saya dari ..... (asal sekolah), kelas ....

Hadirin Rohimakumulloh,

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan menyampaikan pidato dengan judul “Keutamaan dan Pentingnya Ilmu”

Hadirin Rohimakumulloh,

Seperti yang telah kita ketahui, ilmu sangatlah penting bagi kita. Ilmu sangat penting bagi kehidupan kita di masa yang akan datang. Ilmu sangatlah bermanfaat dalam menjembatani semua aspek kehidupan. Dengan ilmu, hidup akan lebih mudah. Dengan ilmu, kita akan hidup bahagia. Betul apa betul?

Hadirin Rohimakumulloh,

Seperti yang telah saya sampaikan tadi, ilmu sangatlah penting bagi kita. Barangsiapa diantara kita menginginkan kebahagiaan di dunia, maka wajib bagi kita memiliki ilmu. Jika kita ingin menghendaki kebahagiaan di akhirat, maka haruslah dengan ilmu. Dan jika kita ingin meraih kebahagiaan di dunia dan di akhirat, maka jawabannya adalah ilmu. Sebagaimana sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Turmudzi yang berbunyi “Man aroodaddunyaa fa’alaihi bil ‘lmi, waman aroodal aa’khirota fa’alaihi bil ‘ilmi, waman aroodahumaa fa’alihi bil ‘ilmi”.

Hadirin Rohimakumulloh,

Mencari atau menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi kita. Kewajiban yang harus kita lakukan tanpa membeda-bedakan status sosial, umur, maupun jenis kelamin. Hal ini sejalan dengan sebuah hadis “Tholabul ‘ilmi fariidhotun ‘alaa qulli muslimin wamuslimatin” yang artinya mencari ilmu adalah wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun muslim perempuan. Hadis yang lain menyatakan “uthlubul ‘ilma minal mahdi ilal lahdi” yang artinya tuntutlah ilmu sejak dari buaian hingga ke liang lahat.

Hadirin Rohimakumulloh,

Di awal muqoddimah tadi, telah saya bacakan sebuah ayat Alqur’an, yaitu surat Al-Mujadalah ayat 11 yang berbunyi Yarfa’illaahulladziina aamanuu mingkum walladziina uutul ‘ilma darojaat. Yang artinya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kalian dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Ayat ini mengisyaratkan kepada kita tentang keutamaan ilmu. Ilmu dapat mengangkat derajat seseorang yang mempunyai ilmu pengetahuan.

Hadirin Rohimakumulloh,

Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan. Mudah-mudahan ada manfaatnya bagi kita semua yang mendengarkan, dan bermanfaat bagi saya pada khususnya. Jika ada kebenaran dari apa yang saya sampaikan, itu semata-mata dari Allah SWT yang Maha Benar. Tetapi jika ada kata-kata yang salah, itu semata berasal dari kelemahan saya sebagai seorang manusia. Jika ada sumur di ladang, boleh kita menumpang mandi. Kalau ada umur yang panjang, bolehlah kita bertemu lagi. Burung Irian burung Cendrawasih. Cukup sekian dan terima kasih.

Billahi taufiq walhidaayah. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.



Teks pidato ini dapat diunduh (download) DISINI

Demikianlah teks pidato tentang keutamaan dan pentingnya ilmu.

Semoga bermanfaat.

Baca juga: Pidato Bahasa Indonesia tentang Berbakti kepada Orang Tua

Baca juga: Pidato Bahasa Indonesia Tentang Syukur

0 Response to "Pidato Bahasa Indonesia tentang Keutamaan dan Pentingnya Ilmu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel