Halaman

Materi Pembelajaran PPKn Kelas 7 Bab 1 "Perumusan dan Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara"

Sumber gambar: SS Buku PPKn kelas 7 SMP/MTs 

Materi Pembelajaran PPKn Kelas 7 Bab 1 "Perumusan dan Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara"

Assalamu’alaikum Wr.Wb. 

Selamat pagi anak-anakku, bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat.
Alhamdulillah hari ini kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran PPKn.

Sebelum kita mulai, marilah kita membaca doa terlebih dahulu sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Berdoa dimulai.

Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari Bab 1, yaitu tentang "Perumusan dan Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara"

Namun sebelumnya, marilah kita tonton video tentang "Perumusan dan Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara" dengan baik.


Setelah kalian menonton video tersebut, semoga kalian sudah mendapatkan gambaran umum tentang yang akan kita pelajari hari ini.

Anak-anakku, pada bab ini, ada 3 hal utama yang akan dipaparkan atau jelaskan, yaitu: 1) Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara, 2). Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara, dan 3) Semangat Pendiri Negara dalam Merumuskan dan Menetapkan Pancasila sebagai Dasar Negara.

A. Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
1. Pembentukan BPUPKI
Bangsa Indonesia mengalami sejarah yang panjang dalam melawan penjajah. Kita pernah mengalami penderitaan ketika dijajah oleh Belanda. Sejarah juga mencatat, kekalahan Belanda oleh Jepang dalam perang Asia Timur Raya menyebabkan bangsa Indonesia dijajah oleh Jepang. 

Jepang mulai menguasai wilayah Indonesia setelah Belanda menyerah di Kalijati, Subang, Jawa Barat pada tanggal 8 Maret 1942. Kedatangan Jepang semula disangka baik oleh bangsa Indonesia. Banyak semboyan dikumandangkan oleh Jepang seperti ”Jepang Pelindung Asia, Jepang Pemimpin Asia, dan Jepang Cahaya Asia” untuk menarik simpati bangsa kita. Kenyataan sejarah menunjukkan bahwa Jepang tidak berbeda dengan Belanda, yaitu meneruskan penjajahan atas bangsa Indonesia.

Pada tahun 1945, tentara Jepang mulai mengalami kekalahan di berbagai medan pertempuran. Seperti pada perang Pasifik, pasukan Jepang dikalahkan oleh Amerika. Kekalahan tersebut mengancam kekuasaan Jepang di negara-negara jajahannya, termasuk di Indonesia. Perlawanan rakyat Indonesia dan usaha Belanda menjadikan kedudukan Jepang kian lemah. Akhirnya, Jepang terpaksa menjanjikan kemerdekaan kepada rakyat Indonesia. Janji tersebut untuk meredam gejolak dan perlawanan rakyat Indonesia.

Janji Jepang membentuk BPUPKI (Dokuritsu Zyunbi Tyoosakai) direalisasikan, pada tanggal 29 April 1945 bersamaan dengan hari ulang tahun Kaisar Hirohito. Secara resmi BPUPKI dilantik oleh Jepang, dengan anggota berjumlah enam puluh dua (62) orang yang terdiri atas tokoh-tokoh bangsa Indonesia dan tujuh (7) orang anggota perwakilan dari Jepang. Ketua BPUPKI adalah dr. K.R.T Radjiman Wedyodiningrat, dengan dua wakil ketua, yaitu Ichibangase Yosio (Jepang) dan R.P Soeroso. 

BPUPKI mengadakan sidang resmi sebanyak dua kali, yaitu sidang I dan II.

Sidang I
Sidang I BPUPKI dilaksanakan pada tanggal 29 Mei – 1 Juni 1945. Pada sidang I ini dibahas tentang dasar negara. 

Sidang II

Sidang II BPUPKI dilaksanakan pada tanggal 10 – 17 Juli 1945. Pada sidang II ini dibahas  tentang rancangan Undang-Undang Dasar.

2. Perumusan Dasar Negara
Ketua BPUPKI dr. K.R.T Radjiman Wedyodiningrat pada pidato awal sidang pertama, menyatakan bahwa untuk mendirikan Indonesia merdeka diperlukan suatu dasar negara. Untuk menjawab permintaan Ketua BPUPKI, beberapa tokoh pendiri negara mengusulkan rumusan dasar negara.
Usulan mengenai dasar Indonesia merdeka dalam sidang pertama BPUPKI secara berurutan dikemukakan oleh Muhammad Yamin, Soepomo, dan Ir. Soekarno.

1). Muhammad Yamin (29 Mei 1945)
Muhammad Yamin mengusulkan secara lisan lima dasar bagi negara Indonesia merdeka, yaitu sebagai berikut.
  1. Peri Kebangsaan
  2. Peri Kemanusiaan
  3. Peri Ketuhanan
  4. Peri Kerakyatan
  5. Kesejahteraan Sosial
Kemudian secara tertulis, Muhammad Yamin menyampaikan bahwa asas dan dasar Indonesia adalah sebagai berikut.
  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kebangsaan persatuan Indonesia
  3. Rasa kemanusiaan yang adil dan beradab
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijak- sanaan dalam permusyawaratan/perwakilan 
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
2). Soepomo (31 Mei 1945)
Menurut Soepomo, dasar negara Indonesia merdeka adalah sebagai berikut.
  1. Persatuan
  2. Kekeluargaan
  3. Keseimbangan lahir dan batin
  4. Musyawarah
  5. Keadilan rakyat
3). Ir. Soekarno (1 Juni 1945)
Rumusan dasar negara yang diusulkan olehnya adalah sebagai berikut.
  1. Kebangsaan Indonesia
  2. Internasionalisme atau peri kemanusiaan
  3. Mufakat atau demokrasi
  4. Kesejahteraan sosial
  5. Ketuhanan yang berkebudayaan
BPUPKI telah membentuk beberapa panitia kerja yang di antaranya ialah Panitia Sembilan, yang terdiri dari Ir. Soekarno, Drs. Mohammad Hatta, , Mr. A. A. Maramis, Abikusno Cokrosuyoso, Abdulkahar Muzakir, Haji Agus Salim, Mr. Ahmad Subarjo, K. H. A. Wachid Hasyim, dan Mr. Mohammad Yamin

Panitia sembilan mengadakan rapat di rumah kediaman Ir. Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta. Setelah itu, pada tanggal 22 Juni 1945 Panitia Sembilan telah mencapai satu persetujuan atau kesepakatan tentang rancangan pembukaan hukum dasar (Undang-Undang Dasar). 
Oleh Ir. Soekarno, rancangan pembukaan hukum dasar ini diberikan nama ”Mukadimah”, oleh Mr. Muhammad Yamin dinamakan ”Piagam Jakarta”, dan oleh Sukiman Wirjosandjojo disebut ”Gentlemen’s Agreement´.

Naskah ”Mukadimah” yang ditandatangani oleh sembilan orang anggota Panitia Sembilan, dikenal dengan nama ”Piagam Jakarta” atau ”Jakarta Charter”.

Dalam alinea keempat naskah Piagam Jakarta tersebut, terdapat rumusan dasar negara sebagai berikut. (1). Ketuhanan, dengan kewajiban menjalankan syari’at Islam bagi pemeluk- pemeluknya (2).  Kemanusiaan yang adil dan beradab (3). Persatuan Indonesia (4). Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permu- syawaratan perwakilan (5). Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Karena adanya keberatan dan untuk menghindari perpecahan, para tokoh bersepakat untuk mengubah kalimat ”Ketuhanan, dengan kewajiban menjalankan syari’at Islam bagi pemeluk-pemeluknya” menjadi “Ketuhanan yang Maha Esa.

B. Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
Kekalahan Jepang dalam Perang Dunia II membuka kesempatan bagi bangsa Indonesia untuk mempersiapkan kemerdekaan atas dasar prakarsa sendiri.

Setelah menyelesaikan tugas BPUPKI dibubarkan, dan sebagai gantinya pada tanggal 7 Agustus 1945 Jepang mengumumkan pembentukan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) atau Dokuritsu Zyunbi Iinkai.

Untuk keperluan membentuk PPKI tersebut, pada tanggal 8 Agustus 1945 tiga orang tokoh pendiri negara, yaitu Ir. Soekarno, Mohammad Hatta dan Dr. K.R.T. Radjiman Wedyodiningrat berangkat menemui Jenderal Besar Terauchi, Saiko Sikikan di Saigon. Dalam pertemuan tersebut, Ir. Soekarno diangkat sebagai Ketua PPKI dan Mohammad Hatta sebagai wakilnya. PPKI beranggotakan 21 orang termasuk Ketua dan Wakil Ketua.

Pada tanggal 18 Agustus 1945 PPKI melaksanakan sidang dan menghasilkan keputusan sebagai berikut.

  1. Menetapkan UUD 1945.
  2. Memilih Presiden dan Wakil Presiden, yaitu Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta.
  3. Membentuk Komite Nasional Indonesia Pusat.
Salah satu keputusan sidang PPKI adalah mengesahkan Undang-Undang Dasar 1945. Dalam Pembukaan UUD 1945 alinea keempat tercantum rumusan sila-sila Pancasila sebagai dasar negara.

C. Semangat Pendiri Negara dalam Merumuskan dan Menetapkan Pancasila sebagai Dasar Negara
1. Nilai Semangat Pendiri Negara
Semangat kebangsaan harus tumbuh dan dipupuk oleh setiap warga negara Indonesia. Hal ini harus tumbuh dalam diri warga negara untuk mencintai dan rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara.

Semangat kebangsaan disebut juga sebagai nasionalisme dan patriotisme. Nasionalisme adalah suatu paham yang menganggap bahwa kesetiaan tertinggi atas setiap pribadi harus diserahkan kepada negara kebangsaan atau nation state.

Ada dua jenis pengertian nasionalisme, yaitu nasionalisme dalam arti sempit dan nasionalisme dalam arti luas. Nasionalisme dalam arti sempit disebut juga dengan nasionalisme negatif karena mengandung makna perasaan kebangsaan atau cinta terhadap bangsanya yang sangat tinggi dan berlebihan, sebaliknya memandang rendah terhadap bangsa lain. Nasionalisme dalam arti sempit disamakan dengan Chauvinisme.

Jenis nasionalisme yang kedua adalah nasionalisme dalam arti luas atau yang berarti positif. Nasionalisme dalam pengertian ini adalah perasaan cinta yang tinggi  atau  bangga  terhadap  tanah  air dan tidak memandang rendah bangsa lain.  

Patriotisme berasal dari kata patria, yang artinya tanah air. Kata patria kemudian berubah menjadi kata patriot yang artinya seseorang yang mencintai tanah air. Oleh sebab itu patriotisme berarti semangat cinta tanah air atau sikap seseorang yang bersedia mengorbankan segala-galanya untuk mempertahankan bangsa- nya. Sikap ini muncul setelah lahirnya nasionalisme, namun antara nasio- nalisme dan patriotisme umumnya diartikan sama.

Jiwa dan semangat bangsa Indonesia untuk merebut kemerdekaan sering juga disebut sebagai ”jiwa dan semangat ’45”. Adapun hal-hal yang terkandung dalam jiwa dan semangat ‘45 diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Pro Patria dan Primus Patrialis, artinya mencintai tanah air dan men- dahulukan kepentingan tanah air.
  • Jiwa solidaritas dan kesetiakawanan dari semua lapisan masyarakat terhadap perjuangan kemerdekaan.
  • Jiwa toleransi atau tenggang rasa antaragama, antarsuku, antargolongan dan antarbangsa.
  • Jiwa tanpa pamrih dan bertanggung jawab.
  • Jiwa ksatria dan kebesaran jiwa yang tidak mengandung balas dendam.
2. Komitmen para Pendiri Negara dalam Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
Komitmen adalah sikap dan perilaku yang ditandai oleh rasa memiliki, memberikan perhatian, serta melakukan usaha untuk mewujudkan harapan dan cita-cita dengan sungguh-sungguh. Seseorang yang memiliki komitmen terhadap bangsa adalah orang yang akan mendahulukan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadinya.

Para pendiri negara dalam perumusan Pancasila memiliki ciri-ciri komitmen pribadi sebagai berikut.
  • Mengutamakan semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme.
  • Adanya rasa memiliki terhadap bangsa Indonesia.
  • Selalu bersemangat dalam berjuang. 
  • Mendukung dan berupaya secara aktif dalam mencapai cita-cita bangsa yaitu merdeka, ber- satu, berdaulat, adil dan makmur.
  • Melakukan pengorbanan pribadi, dengan  cara menempatkan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi, serta mendukung keputusan yang menguntungkan bangsa dan negara.
Anak-anakku, demikianlah pemaparan atau penjelasan singkat tentang "Perumusan dan Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara".

Semoga dapat dipahami dengan baik dan dapat diaplikasikan atau diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Semoga wabah corona segera berlalu. Just Stay Home and Keep Healthy!

Wassalamu'aaikum Wr.Wb.  

Sumber: Surya Saputra, Lukman dkk. 2017. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP/MTs Kelas VII Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI 

110 Responses to "Materi Pembelajaran PPKn Kelas 7 Bab 1 "Perumusan dan Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara""

  1. Nama: nazeefa anindya rahma haryono
    Kelas 7B
    Asal sekolah: SD puri artha

    ReplyDelete
  2. Nama:wahyu bagus k
    Kelas:7B
    Saya hadir pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama:Muhammad yana
      Kls:7F
      Asal sekolah:sdn pisang sambo 1

      Delete
    2. Saya afghan Absen 2 hadir pk

      Delete
    3. Nama:Naufal fadlun dzaki
      Kelas:7C
      Asal sekolah:SMP Agus Salim
      Hadir

      Delete
    4. Nama:Naufal fadlun dzaki
      No:28
      Kelas:7C

      Delete
  3. Coba baca testamen bung hatta dan kesaksian2 anggota BPUPKI, yamin berpidato hanya 20 menit di tanggal 29 mei 1945, tdk bicara dasar negara pancasila, supomo jg, isi pidato supomo hanya teori2 integralistik. Rumusan yamin di atas adalah hasil selundupan di panitia kecil, begitu kata bung hatta. Satu2nya pidato tentang 5 sila hanya dicetuskan tgl 1 Juni 1945. Itulah kenapa sampai bung hatta menyebut yamin licik. Ayo buka2 arsip sejarah, cari testamen bung hatta dan testimoni bung hatta cs. Trims.

    ReplyDelete
  4. Nama saya doni kelas 7H saya hadir pak

    ReplyDelete
  5. Nama:Herlina Nopianti
    Kelas:7B
    Hadir pak

    ReplyDelete
  6. Assalamualaikum
    Nama : Surya
    Kelas:7 A

    ReplyDelete
  7. Nama:Nopi marlina
    Kelas:7c
    Hadir

    ReplyDelete
  8. Nama: Lydia karsita
    Kls:7c
    Hadir

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Nama:Dalta Fika Kesya Wibowo Dari Kelas 7 H

    ReplyDelete
  11. nama saya willy aditia
    7G
    Hadir pa

    ReplyDelete
  12. Nama: Meli rahmawati
    Kls: 7i
    Hadir

    ReplyDelete
  13. Nama:sukar
    Kls:7c
    Hadir

    ReplyDelete
  14. Nama saya karlina, dari kelas 7E
    Hadir

    ReplyDelete
  15. Nama:Aura Zannabi Muksin
    Kelas:7B

    ReplyDelete
  16. Muhamad rizki abdul azis

    Kls:7f

    ReplyDelete
  17. Aulia septi ramandani 7G hadir

    ReplyDelete
  18. NAMA:AYLA LATHIFA ISLAMEY
    NO :6
    KELAS:7G

    Saya hadir bu

    ReplyDelete
  19. Nama:Risma Sella Trianita
    Kelas:7H
    No absen:25


    Saya hadir bu

    ReplyDelete
  20. Nama:Hafid Eko Widyantono
    Kelas:7f
    No absen:14

    ReplyDelete
  21. Nama:sofian aqil awathif
    Kelas:7H
    Absen:28

    ReplyDelete
  22. nama:Mauza Asqi Sakira
    kelas :7E
    no :18

    ReplyDelete
  23. Nama:Prabu Haidar Nusantara
    Kelas:7H
    No:22

    ReplyDelete
  24. Nama : firman nur hakim
    Kelas : 7E
    No. 12

    ReplyDelete
  25. Nama : Dimas gading p
    Kelas : 7A
    Hadir

    ReplyDelete
  26. Nama:fiqih wildansyah aulia
    Kelas:7A
    Hadir

    ReplyDelete
  27. Nama:Muhammad surya djati puwitra
    Kelas:7A
    Hadir

    ReplyDelete
  28. Nama : Ataya fikri Ramadhan
    Kelas : 7 A
    Hadir

    ReplyDelete
  29. Nama:Raina Meisya Namira
    Kelas:7A
    Sekolah:SMP PURI ARTHA

    ReplyDelete
  30. AMIRUL HAKIM
    KELAS = 7 F
    NO = 1
    hadir

    ReplyDelete
  31. Muhammad zaky
    Kelas VII G
    No absen 21
    Hadir

    ReplyDelete
  32. Terima Kasih pak atas pembelajarannya sangat mudah dimengerti :)

    ReplyDelete
  33. Nama:REZA .B. M.

    KELAS:7C (Vll)

    No. Absen:27

    Hadir pak

    ReplyDelete
  34. Nama:Muhammad Brian Nur Patra satria
    Kelas:7B
    No:18
    Hadir pak

    ReplyDelete
  35. Nama:Gafrila intan maharani
    Kelas:7C
    No absen:16

    ReplyDelete
  36. Nama : Andi Putra Wahyutama
    Kelas : 7C
    Absen : 5

    Hadir Pak

    ReplyDelete
  37. Nama : Marzei Okana Aly
    Kelas : 71
    No Absen : 19

    Hadir pak

    ReplyDelete
  38. Nama: Rochmat Maftuh Rozin
    Kelas:7E
    No. Absen:27
    Hadir pak



    ReplyDelete
  39. Nama : Rochmat Maftuh Rozin
    Kelas: 7E
    No Absen : 27
    Hadir Pak

    ReplyDelete
  40. Nama : Arka zora ivano bagus rafael
    Kelas:7c (V11)
    No. abesn:05

    Hadir pak

    ReplyDelete
  41. Nama:Adelina Nur Zulfianty Kelas:7E
    No.Absen:01
    Hadir

    ReplyDelete
  42. Reza Okta Setiawan
    7A Tawadlu'
    Hadirrrrrrrrr

    ReplyDelete
  43. Nama Faisal ardani
    Kelas 7 A
    No absen :11

    Hadir pak

    ReplyDelete
  44. Nama Faisal ardani
    Kelas 7 A
    No absen 11

    Hadir pak

    ReplyDelete
  45. Nama:Muh syahrul nasrullah

    Kelas:7A

    No.absen:19

    Hadir pak

    ReplyDelete
  46. Nama : Mohamad Al Furqon

    Kelas : VII C

    No absen : 18

    ReplyDelete
  47. Siva Dwi aulia
    No absen.28
    Kelas 7f

    ReplyDelete
  48. Nama:wahyu satria mulyana
    Kls:7G

    ReplyDelete
  49. Rr.Ayu Hana Rizky Nurwahidiyah Kusumo VII J HADIR

    ReplyDelete
  50. Nama:Aninda Ayu
    Kelas:VII M
    No absen:10

    ReplyDelete
  51. Nama:Sinta Eka Devi
    Kelas:VII B
    No Absen:28

    ReplyDelete
  52. Nama : Zia arisfa Selvia putri
    Kelas : 7 c

    ReplyDelete
  53. Nama: Zia Arisfa Selvia putri
    Kelas:7c

    ReplyDelete
  54. Nama: Zia Arisfa Selvia putri
    Kelas:7c

    ReplyDelete
  55. Nama: Zia Arisfa Selvia putri
    Kelas: 7c

    ReplyDelete
  56. Nama:Zia arisfa Selvia putri
    Kls:uc

    ReplyDelete
  57. Nama : Zia arisfa Selvia putri
    Kelas : 7c

    ReplyDelete
  58. Nama Zia Arisfa Selvia putri
    Kelas 7 c

    ReplyDelete
  59. Nama Zia Arisfa Selvia putri
    Kelas 7 c

    ReplyDelete
  60. Nama Zia Arisfa Selvia putri
    Kelas 7 c

    ReplyDelete
  61. Nama: ahmaddani yudha Saputra
    Kelas: 7 D

    ReplyDelete
  62. Nama:Naufal fadlun dzaki
    No:28
    Kelas:7C

    ReplyDelete
  63. Nama:Naufal fadlun dzaki
    No:28
    Kelas:7C

    ReplyDelete
  64. Nama: Siti Marwah
    No absen: 28
    Kls: 7A

    ReplyDelete
  65. Nama: Siti Marwah
    Kls: 7A
    No absen: 28

    ReplyDelete
  66. Albar hadir pak
    Smp: 6 subang
    Kls:7A
    No absen: 28

    ReplyDelete
  67. NAMA: AISYAH AGUSTINA RIYANTI
    KELAS: 7J
    ASAL SEKOLAH: BABAKAN SARI
    NO ABSEN: 2

    ReplyDelete
  68. Nama: afiy Agustiana Putra
    Kelas : 7-G
    Smpn : 37 Bandung

    HADIR

    ReplyDelete
  69. Memberikan kesan jepang yg kasih hadiah merdeka

    ReplyDelete
  70. Nama: kayla lestari
    Kelas: 7i
    Sekolah : SMP 4 negeri batam

    ReplyDelete
  71. Saya murid baru pak, siap hadir. Buat bekal CPNS. Terimakasih bapak .

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel