Halaman

Lembar Kerja Cari Kata Online PPKn Kelas 8 Bab 1 "Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila"

Lembar Kerja Cari Kata Online PPKn Kelas 8 Bab 1 "Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila"
Sumber: CecepGaos.Com


CecepGaos.Com - Halo, Sahabat Edukasi. Selamat datang kembali di blog sederhana CecepGaos.Com, media informasi pendidikan.

Kali ini, CecepGaos.Com akan berbagi Lembar Kerja Cari Kata Online PPKn Kelas 8 Bab 1 "Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila".

Sebelum kalian (siswa/i) mengerjakan lembar kerja cari kata online ini, tonton terlebih dahulu  Video Pembelajaran PPKn Kelas 8 Bab 1 "Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila", kemudian pelajari materi Ringkasan Materi PPKn Kelas VIII Semester 1 Bab 1 "Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila"

Setelah kalian menonton video dan membaca ringkasan materi pembelajaran, Latihan Soal Online PPKn Kelas 8 Bab 1 "Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila" di bawah ini dengan baik.

Petunjuk Pengerjaan:
1. Bacalah basmallah atau doa
2. Setelah berdoa, bacalah setiap pertanyaan yang tersedia dengan baik.
3. Kemudian, jawablah setiap pertanyaan dengan cara mencari dan menandai jawabannya pada Lembar Kerja Cari Kata.
4. Jika seluruh kata sudah ditemukan, akan muncul hasil score/nilai kalian.
5. Isi kolom score/nilai tersebut dengan nama kalian, lalu klik Submit.
6. Setelah klik Submit akan muncul sertifikat kalian.
7. Kemudian screenshot (tangkap layar) sertifikat tersebut.
8. Setelah discreenshot, kirim hasil screenshot sertifikatnya kepada guru PPKn kalian.

Pertanyaan
  1. Dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia adalah…… 
  2. Istilah Pancasila sudah dikenal sejak zaman Majapahit pada abad XIV, terdapat dalam buku Nagarakertagama karangaPrapancdan buku Sutasoma karangan Mpu….. 
  3. Istilah pancasila dalam bahasa Sansekerta, asal kata panca yang berarti ….. dan sila yang berarti sendi atau asas. 
  4. Istilah pancasila dalam kehidupan kenegaraan dikenalkan pertama kali oleh Ir. Soekarno dalam sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) tanggal….. 
  5. Pancasila sejak tanggal…….ditetapkan sebagai dasar negara sebagaimana tertuang dalam alinea keempat Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. 
  6. Secara umum fungsi dan peranan Pancasila menurut Tap MPR No. III/MPR/2000 tentang Sumber Hukum Nasional dan Tata Urutan Perundangan dinyatakan bahwa Pancasila berfungsi sebagai…….    
  7. Sila yang mengandung pengakuan atas keberadaan Tuhan sebagai pencipta alam semesta beserta isinya adalah sila…… 
  8. Rumusan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia terdapat dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 alinea…… 
  9. Dilihat dari asal mula kata, ideologi berasal kata idea, yang artinya ide, konsep atau gagasan, cita-cita dan logos yang artinya….. 
  10. Sejak disahkan secara konstitusional pada tanggal 18 Agustus 1945, Pancasila dapat dikatakan sebagai dasar negara, pandangan hidup, ideologi negara dan ligatur dalam perikehidupan kebangsaan dan kenegaraan Indonesia. Arti dari kata ligatur adalah…… 
  11. Sila yang merupakan salah satu tujuan negara yang hendak mewujudkan tata masyarakat Indonesia yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila adalah sila….. 
  12. Sebagai norma hukum, Pancasila juga mempunyai sifat imperatif atau….. 
  13. Sila yang merupakan perwujudan dari paham kebangsaan Indonesia yang mengatasi paham perseorangan, golongan, suku bangsa, dan mendahulukan persatuan dan kesatuan bangsa sehingga tidak terpecah-belah oleh sebab apa pun adalah sila….. 
  14. Pancasila sebagai pandangan hidup sering juga disebut….., yang berarti pegangan hidup, pedoman hidup, pandangan dunia atau petunjuk hidup
  15. Sila yang mengandung rumusan sifat keseluruhan budi manusia Indonesia yang mengakui kedudukan manusia yang sederajat dan sama, mempunyai hak dan kewajiban yang sama sebagai warga negara yang dijamin oleh negara adalah sila….. 




Jika mengalami kesulitan dalam pengerjaan, klik DI SINI untuk ukuran layar penuh.

Demikianlah Lembar Kerja Cari Kata Online I PPKn Kelas 8 Bab 1 "Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila".

Semoga bermanfaat.



0 Response to "Lembar Kerja Cari Kata Online PPKn Kelas 8 Bab 1 "Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila""

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel