Halaman

Ringkasan Materi PPKn Kelas 9 Bab 3 "Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia" | Bagian 1- Teori Kedaulatan

Ringkasan Materi PPKn Kelas 9 Bab 3 "Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia" | Bagian 1- Teori Kedaulatan



CecepGaos.Com - Halo, sahabat Edukasi! Selamat datang kembali di blog sederhana CecepGaos.Com, media informasi pendidikan terbaru. 

Kali ini, CecepGaos.Com akan berbagi informasi tentang Ringkasan Materi PPKn Kelas 9 Bab 3 "Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia" | Bagian 1- Teori Kedaulatan. 

Assalamu'alaikum Wr.Wb. 

Selamat pagi anak-anakku kelas 9!

Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. 

Alhadmulillah hari ini, kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran PPKn. Sebelum kita mulai, marilah kita membaca doa terlebih dahulu, sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Berdoa dimulai. Selesai.

Anak-anakku, pada pertemuan kali ini, kita akan mempelajari bab 3, yaitu Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia" [Bagian 1- Teori Kedaulatan]

A. Hakikat dan Teori Kedaulatan

1. Pengertian Kedaulatan 

Kata kedaulatan berasal dari bahasa arab, yaitu ”daulah” yang artinya kekuasaan tertinggi. Pengertian kedaulatan itu sendiri adalah kekuasaan yang tertinggi untuk membuat undang-undang dan melaksanakannya dengan semua cara yang tersedia. Oleh karena itu, kedaulatan rakyat membawa konsekuensi, bahwa rakyat adalah pemegang kekuasaan tertinggi dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Kedaulatan rakyat, berarti juga pemerintah mendapatkan mandatnya dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Pemerintahan oleh rakyat, mengandung pengertian bahwa pemerintahan yang ada, diselenggarakan dan dilakukan oleh rakyat sendiri. Gaya pemerintahan seperti ini disebut dengan ”demokrasi”. Demokrasi adalah pemerintahan dari, oleh, dan untuk rakyat.

Keterlibatan rakyat dalam membentuk pemerintahan sebagai wujud pelaksanaan kedaulatan rakyat, dilaksanakan melalui pemilihan umum.

Pelaksanaan prinsip kedaulatan rakyat, dapat dilakukan melalui demokrasi langsung dan demokrasi perwakilan. Demokrasi langsung bercirikan rakyat mengambil bagian secara pribadi dalam tindakan-tindakan dan pemberian suara untuk membahas serta mengesahkan undang-undang. Sementara itu, dalam demokrasi perwakilan, rakyat memilih warga lainnya sebagai wakil yang duduk di lembaga perwakilan rakyat untuk membahas dan mengesahkan undang-undang.


Menurut pendapat Jean Bodin, seorang ahli tata negara dari Prancis yang hidup di tahun 1500-an, kedaulatan adalah kekuasaan tertinggi untuk menentukan hukum dalam suatu negara. Kedaulatan memiliki empat sifat pokok, yaitu:

  • asli, artinya kekuasaan tidak berasal dari kekuasaan lain yang lebih tinggi;
  • permanen, artinya kekuasaan itu tetap ada sepanjang negara tetap berdiri walaupun pemerintah sudah berganti;
  • tunggal, artinya kekuasaan itu merupakan satu-satunya dalam negara dan tidak dibagikan kepada badan-badan lain; serta
  • terbatas, artinya kekuasaan itu tidak dibatasi oleh kekuasaan lain.

2. Teori Kedaulatan

a. Teori Kedaulatan Tuhan

Teori ini mengajarkan bahwa negara dan pemerintah mendapat kekuasaan tertinggi dari Tuhan sebagai asal segala sesuatu (causa prima). 

Pelopor teori kedaulatan Tuhan, antara lain, Augustinus (354-430), Thomas Aquino (1215-1274), F. Hegel (1770-1831), dan F.J. Stahl (1802-1861).

Contoh negara yang menganut teori ini adalah Jepang pada masa lalu dengan kaisar Tenno Heika sebagai titisan Dewa Matahari. Karena berasal dari Tuhan, maka kedaulatan negara bersifat mutlak dan suci. 

b. Teori Kedaulatan Raja

Pada abad pertengahan, teori kedaulatan Tuhan berkembang menjadi teori kedaulatan raja, yang menganggap bahwa raja bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Kekuasaan raja berada di atas konstitusi. Seorang raja bahkan tidak perlu menaati hukum moral agama. Justru karena statusnya sebagai representasi atau wakil Tuhan di dunia, maka pada saat itu kekuasaan raja berupa tirani bagi rakyatnya.

Peletak dasar utama teori ini adalah Niccolo Machiavelli (1467-1527) melalui karyanya, II Principle. 

Teori kedaulatan raja, beranggapan bahwa kekuasan tertinggi terletak di tangan raja sebagai penjelmaan kehendak Tuhan. Karena kedaulatan dimiliki para raja, akhirnya raja berkuasa dengan sewenang-wenang. Raja Louis XIV dari Prancis dengan sombongnya berkata “l’ettat C’st Moi” (negara adalah saya).

c. Teori Kedaulatan Negara

Menurut teori kedaulatan negara, kekuasaan tertinggi terletak pada negara. Sumber kedaulatan adalah negara yang merupakan lembaga tertinggi kehidupan suatu bangsa. Kedaulatan timbul bersamaan dengan berdirinya suatu negara.

Peletak dasar teori ini antara lain, Jean Bodin (1530-1596), F. Hegel (1770-1831), G. Jellinek (1851-1911), dan Paul Laband (1879-1958). Pengembangan teori Hegel menyebar di negara-negara komunis.

d. Teori Kedaulatan Hukum

Berdasarkan pemikiran teori kedaulatan hukum, kekuasaan peme­rintah berasal dari hukum yang berlaku. Hukumlah (baik tertulis maupun tidak tertulis) yang membimbing kekuasaan pemerintah. Kekuasaan hukum merupakan kekuasaan tertinggi dalam negara. Pelopor teori kedaulatan hukum, diantaranya: Hugo de Groot, Krabbe, Immanuel Kant, dan Leon Duguit.

e. Teori Kedaulatan Rakyat

Teori kedaulatan rakyat beranggapan bahwa rakyat merupakan kesatuan yang dibentuk oleh suatu perjanjian masyarakat. Kemudian, sebagai pemegang kekuasaan tertinggi, rakyat memberikan sebagian kekuasaannya kepada penguasa yang dipilih oleh rakyat dan penguasa tersebut harus melindungi hak-hak rakyat. Tokoh yang mengemukakan teori ini adalah Montesquieu (1688-1755) dan J.J. Rousseau (1712-1778).

Beberapa pandangan pelopor teori kedaulatan rakyat, di antaranya sebagai berikut.

JJ. Rousseau, menyatakan bahwa kedaulatan itu merupakan perwujudan kehendak umum dari suatu bangsa merdeka yang mengadakan perjanjian masyarakat (social contract).

Johannes Althusius, menyatakan bahwa setiap susunan pergaulan hidup manusia, terjadi dari perjanjian masyarakat yang tunduk kepada kekuasaan, dan pemegang kekuasaan itu dipilih oleh rakyat.

John Locke, menyatakan bahwa kekuasaan negara berasal dari rakyat, bukan dari raja. Menurutnya, perjanjian masyarakat menghasilkan penyerahan hak-hak rakyat kepada pemerintah dan pemerintah mengembalikan hak dan kewajiban asasi kepada rakyat melalui peraturan perundang-undangan. John Locke menyimpulkan bahwa terbentuknya negara melalui:

  1. pactum unionis, yaitu perjanjian antara individu untuk membentuk suatu negara; dan
  2. pactum subjectionis, yaitu perjanjian antara individu dan wadah atau negara untuk memberi kewenangan atau mandat kepada negara berdasarkan konstistusi atau UUD.

Mostesquieu, seorang ahli dari Prancis, berpendapat bahwa agar kekuasaan dalam suatu negara tidak terpusat pada seseorang, kekuasaan dalam suatu negara dibagi ke dalam tiga kekuasaan yang terpisah (separated of power). Pemegang kekuasaan yang satu, tidak memengaruhi dan tidak ikut campur tangan terhadap kekuasan lainnya. Pembagian kekuasaan dalam negara, dibagi atas tiga kekuasaan, yaitu:

  1. Kekuasaan legilatif, yaitu kekuasaan untuk membuat peraturan perundang-undangan dalam suatu negara,
  2. Kekuasaan eksekutif, yaitu kekuasaan untuk melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kekuasaan ekseku­tif­ sering disebut sebagai kekuasaan menjalankan pemerintahan, dan
  3. Kekuasaan yudikatif, yaitu kekuasaan untuk menegakkan peraturan perundang-undangan yang berlaku apabila terjadi pelanggaran. Kekuasaan yudikatif sering disebut sebagai kekuasaan kehakiman.

Anak-anakku, demikianlah penjelasan tentang Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia" [Bagian 1- Teori Kedaulatan]. 

Semoga dapat kita pahami dan amalkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Terima kasih atas perhatiannya. Semoga bermanfaat. 

Wassalamu'alaikum Wr.Wb. 


Sumber: Tin Sumartini, Ai  dan Sutisna Putra, Asep. 2018. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP/MTs Kelas IX Edisi Revisi 2018. Jakarta: Puskurbuk, Balitbang, Kemendikbud

206 Responses to "Ringkasan Materi PPKn Kelas 9 Bab 3 "Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia" | Bagian 1- Teori Kedaulatan"

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Nama : Syalzhabilla Yasmin
    Kelas : 9D
    Sekolah : SMPN 1 PATOKBEUSI

    ReplyDelete
  3. Zahwa Mecca Gaos
    digiclass 9
    SMP Puri Artha

    ReplyDelete
  4. Mochammad Zahran Hadran
    Kelas 9
    SMP Puri Artha

    ReplyDelete
  5. Fikri rasyad hidayat
    Kelas 9
    Smp puri artha

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama: Roffi Hardiana Rahman
      Kelas: 9G
      Sekolah: SMPN 1 Cisalak

      Delete
  9. Nama: Lidia Ayuning Lestari
    Kelas: 9G
    Sekolah: SMPN 1 Patokbeusi

    ReplyDelete
  10. Azka Maulida Putri
    9
    SMP Puri Artha

    ReplyDelete
  11. Edmonda Panji Arie Nur Putra
    Kelas 9
    SMP Puri Artha

    ReplyDelete
  12. Adam Tejasukmana
    Kelas 9
    SMP Puri Artha

    ReplyDelete
  13. Khalif ahmad ardhanu
    Kelas 9
    SMP Puri Artha

    ReplyDelete
  14. Nama: Siti Maria Ulfah
    Kelas :9G
    Sekolah: SMP N 1 PATOKBEUSI

    ReplyDelete
  15. Shofiyyah Aziizah Pongkyana
    Kelas 9
    SMP Puri Artha

    ReplyDelete
  16. Zaskia Naura Adilia Putri
    Kelas 9
    SMP Puri Artha

    ReplyDelete
  17. Earlyanda Laxmi Shaliha
    Kelas 9
    SMP Puri Artha

    ReplyDelete
  18. Arya Dava Dinaryanto
    Kelas 9
    SMP Puri Artha

    ReplyDelete
  19. Nama : Aghnayta Hikmariyah
    Kelas : IX E
    Sekolah : SMPN 1 PATOKBEUSI

    ReplyDelete
  20. Muhamad Yusuf Bintang Rabani
    Kelas 9
    SMP Puri Artha

    ReplyDelete
  21. Ergin Setyo Pamungkas
    Kelas 9
    SMP Puri Artha

    ReplyDelete
  22. M.a Sela Sunandar
    Kls : IX G
    Smp n 3 cipunagara

    ReplyDelete
  23. Fuspita sari
    Kelas 9G

    Smpn 3 cipunagara

    ReplyDelete
  24. Najwa Saffa Aganetha
    Kelas 9
    SMP Puri Artha

    ReplyDelete
  25. Andara Aulia R
    Kelas 9
    SMP Puri Artha

    ReplyDelete
  26. Anindya Chandrarini
    Kelas 9
    SMP Puri Artha

    ReplyDelete
  27. Zahira Velma Amabel
    Kelas 9
    SMP Puri Artha

    ReplyDelete
  28. Putri Bintang istiqlaili
    Kls 9f



    SMPN 3 Cipunagara

    ReplyDelete
  29. Dede rosidah
    Kelas 9
    Smp 3 cipunagara

    ReplyDelete
  30. Nama: Avia Fitri Yani
    Kelas: 9F
    Sekolah: SMPN 3 Cipunagara

    ReplyDelete
  31. Rasya Halimah Rasjid
    Kelas 9
    SMP Puri Artha

    ReplyDelete
  32. Muhammad Rafa Aimar
    Kelas 9
    SMP Puri Artha

    ReplyDelete
  33. Aprilya Maudini Putri
    Kelas 9
    SMP Puri Artha

    ReplyDelete
  34. Susan susanti
    9d
    SMPN 3 Cipunagara

    ReplyDelete
  35. Nama: Fany
    Kelas: 9f
    Sekolah: Smpn 3 Cipunagara

    ReplyDelete
  36. Hanifa syakib
    Kelas 9
    SMP Puri Artha

    ReplyDelete
  37. EUIS RAHMAWATI
    KELAS 9
    SMPN 3 CIPUNAGARA

    ReplyDelete
  38. EUIS RAHMAWATI
    KELAS 9
    SMPN 3 CIPUNAGARA

    ReplyDelete
  39. EUIS RAHMAWATI
    KELAS 9
    SMPN 3 CIPUNAGARA

    ReplyDelete
  40. Nama;Sri Widanengsih
    Kelas;9f
    Sekolah;SMPN 3 Cipunagara

    ReplyDelete
  41. Nama;Sri Widanengsih
    Kelas;9f
    Sekolah;SMPN 3 Cipunagara

    ReplyDelete
  42. indah lestari
    Kls:9E
    SMP 3 Cipunagara

    ReplyDelete
  43. M.a Sela Sunandar
    Kls : IX G
    SMPN 3 CIPUNAGARA

    ReplyDelete
  44. Riska putri Emilia
    Kls:9D

    Smpn 3 cipunagara

    ReplyDelete
  45. Riska Putri Emilia
    Kls:9D
    SMP 3 cipunagara

    ReplyDelete
  46. Riska Putri Emilia
    Kls 9D
    SMP 3 cipunagara

    ReplyDelete
  47. Zakaria Hadi Sanjaya
    Kls:9D
    SMP 1 patokbeusi

    ReplyDelete
  48. Nama: Tiara julianti
    Kelas:9D
    Sekolah: SMPN 6 SUBANG

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama:dzu Dzulf Ramdani
      Kelas:9A
      Sekolah:SMPN 1 SERANG PANJANG

      Delete
  49. Nama:Tiara julianti
    Kelas:9D
    Sekolah: SMPN 6 SUBANG

    ReplyDelete
  50. Nama : AMELIA
    Kelas : 9B
    SMPN 6 Subang

    ReplyDelete
  51. Nama : AMELIA
    Kelas : 9B
    SMPN 6 Subang

    ReplyDelete
  52. Nama: Tika Lisnawati
    Kelas: 9D
    SMPN 6 SUBANG

    ReplyDelete
  53. Nama : Bagas Dwi Prasetyo
    Kelas : 9E
    SMPN 6 SUBANG

    ReplyDelete
  54. Nama : Bagas Dwi Prasetyo
    Kelas : 9E
    SMPN 6 SUBANG

    ReplyDelete
  55. Nama: Adith Septian
    Kelas:9D
    Sekolah:Smpn 6 Subang

    ReplyDelete
  56. Nama:Adith Septian
    Kelas:9D
    Sekolah:Smpn 6 Subang

    ReplyDelete
  57. Nama : Siti shopiyah
    Kelas : lXD
    Smpn 6 Subang

    ReplyDelete
  58. Nama:Muhamad Herlan Fadilah
    Kelas:9D
    Sekolah:SMP N 6 Subang

    ReplyDelete
  59. Nama;Sri Widanengsih
    Kelas;9F
    SMPN 3 Cipunagara

    ReplyDelete
  60. Nama;Sri Widanengsih
    Kelas;9F
    SMPN 3 Cipunagara

    ReplyDelete
  61. Nama: AMELIA
    Kelas: 9B
    SMPN 6 Subang

    ReplyDelete
  62. Nama : Nira syakinah nisa
    Kelas : 9B
    Sekolah : SMPN 6 SUBANG

    ReplyDelete
  63. Nama:Susan Triani
    Kelas:9D
    Sekolah:Smpn 6 Subang

    ReplyDelete
  64. Nama:Susan Triani
    Kelas:9D
    Sekolah:Smln 6 Subang

    ReplyDelete
  65. Nama:asep m hariki

    Kelas:9e

    Sekolah:smpn 1 serang panjang

    ReplyDelete
  66. Nama: Nurlaela M
    Kelas:9B
    Sekolah : SMP N 1 Cisalak.

    ReplyDelete
  67. Nama:Tania Lestari
    Kelas:9D
    Sekolah:Smpn1SerangPanjang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama : Alrival Febriansyah
      Kelas : IX D
      Sekolah: SMPN 1 serangpanjang

      Delete
    2. Nama:Rika Diana
      Kelas:9B
      Sekolah:Smpn1SerangPanjang

      Delete
  68. Nama:Opi nurhasanah
    Kelas:9E
    Sekolah:SMPN 1 serangpanjang

    ReplyDelete
  69. Nama:Opi nurhasanah
    Kelas:9E
    Sekolah:SMPN 1 serangpanjang

    ReplyDelete
  70. Nama : Alrival Febriansyah
    Kelas : IX D
    Sekolah : SMPN 1 serangpanjang

    ReplyDelete
  71. Firda Safarina Dewi
    Kelas : IX-H
    SMPN 1 Cisalak

    ReplyDelete
  72. Firda Safarina Dewi
    Kelas 9H
    SMPN 1 Cisalak

    ReplyDelete
  73. Nama:Aprillianty Ningsih
    Kelas:9H
    Sekolah:SMPN 1 CISALAK

    ReplyDelete
  74. Nama: Ana Yuniar
    Kelas: 9G
    Sekolah: SMP N 1 Cisalak.

    ReplyDelete
  75. Nama:Firda Safarina Dewi
    Kelas: 9H
    Sekolah: SMPN 1 Cisalak

    ReplyDelete
  76. Nama:Mellisa Nurpadilah
    Kelas:9B
    Sekolah:SMPN 1 Cisalak

    ReplyDelete
  77. Nama:Tantan ahmad
    Kelas:9C
    Sekolah:Smpn 1 SerangPanjang

    ReplyDelete
  78. Nama:Ripat Suwandi
    Kelas:9d
    Sekolah: Smpn1SerangPanjang

    ReplyDelete
  79. Nama : Lidya purnama
    Kelas : 9D
    Sekolah : SMPN 1 serangpanjang

    ReplyDelete
  80. Nama : Shaquila Azkia Haerani
    Kelas : IX F
    Sekolah : SMPN 1 Cisalak

    ReplyDelete
  81. Nama:Rika Diana
    Kelas:9B
    Sekolah:Smpn1SerangPanjang

    ReplyDelete
  82. Nama:Dinaisti Rahayu
    Kelas:IXE
    Sekolah:SMP N 1 SERANGPANJANG

    ReplyDelete
  83. Nama : Dita Dwi Astari
    Kelas : 9C
    Sekolah : SMPN 1 Cisalak

    ReplyDelete
  84. Nama : Shaquila Azkia Haerani
    Kelas : IX F
    Sekolah : SMPN 1 Cisalak

    ReplyDelete
  85. Nama: Widi Puji Astuti
    Kelas: 9D
    Sekolah: SMPN 1 Cisalak

    ReplyDelete
  86. Nama : Dita Dwi Astari
    Kelas : 9C
    Sekolah : SMPN 1 Cisalak

    ReplyDelete
  87. Nama:Winda Aura Amelia
    Kls:9e
    Sekolah: Smpn 1 Serangpanjang

    ReplyDelete
  88. Nama: chilvia syunani
    Kelas: 9B
    Sekolah: SMPN 1 cisalak

    ReplyDelete
  89. Nama : Shaquila Azkia Haerani
    Kelas : IX F
    Sekolah : SMPN 1 Cisalak

    ReplyDelete
  90. Nama:shandika

    Kelas:9c

    Sekolah:SMP 1 serangpanjang

    ReplyDelete
  91. Nama:Rika Diana
    Kelas:9B
    Sekolah:Smpn1SerangPanjang

    ReplyDelete
  92. Nama:sidik rahayu
    Kelas:9c
    Sekolah:Smpn 1 serangpanjang

    ReplyDelete
  93. Nama:Rika Diana
    Kelas:9B
    Sekolah:Smpn1SerangPanjang

    ReplyDelete
  94. Nama:Thariq Yulianto

    Kelas:9E

    Sekolah:Smpn1SerangPanjang

    ReplyDelete
  95. Nama:Rika Diana
    Kelas:9B
    Sekolah:Smpn1SerangPanjang

    ReplyDelete
  96. Nama:Thariq Yulianto

    Kelas:9E

    Sekolah:Smpn1SerangPanjang

    ReplyDelete
  97. Nama: Widi Puji Astuti
    Kelas: 9D
    Sekolah: SMPN 1 Cisalak

    ReplyDelete
  98. Nama:Dian Nuraini
    Kelas:9B
    Sekolah:SMPN 1 serangpanjang

    ReplyDelete
  99. Nama:Rika Diana
    Kelas:9B
    Sekolah:Smpn1SerangPanjang

    ReplyDelete
  100. Nama:Rani Sapitri
    Kelas:9H
    Sekolah:SMPN 1 CISALAK

    ReplyDelete
  101. Nama : Yeni Nuraeni
    Kelas : 9e
    Sekolah : smp n 1 serangpanjang

    ReplyDelete
  102. Nama:serly diana lola
    Kelas:9B
    Sekolah:Smpn1serangpanjang

    ReplyDelete
    Replies
    1. November 4,2020 at 11:09 AM

      Nama:Renata Yulianti putri
      Kelas:9b
      Sekolah:Smpn1Serangpanjang

      Delete
  103. Nama:Yulianti Sulastri
    Kelas:9B
    Sekolah:SMPN 1 Serangpanjang

    ReplyDelete
  104. Nama:Winda Aura Amelia
    Kls:9e
    Skolah: Smpn 1 Serangpanjang

    ReplyDelete
  105. Nama: Nur Rahmawati
    Kelas: 9B
    Sekolah: SMP N 1 Cisalak

    ReplyDelete
  106. Nama: Anggia Rahma
    Kelas:9B
    Sekolah: SMPN 1 SERANGPANJANG

    ReplyDelete
  107. Nama :Anggia Rahma
    Kelas: 9B
    Sekolah: SMPN 1 SERANGPANJANG

    ReplyDelete
  108. Nama:Yulianti sulastri
    Kls :9b
    sekolah:SMPN 1 Serangpanjang

    ReplyDelete
  109. Nama : Nur Rahmawati
    Kelas:9B
    Sekolah: SMP N 1 Cisalak

    ReplyDelete
  110. Nama:Deswita Aulia
    Kelas:9b
    Sekolah:SMPN 1 SERANG PANJANG

    ReplyDelete
  111. Nama:Yulianti s
    Kls :9b
    sekolah:SMPN 1 serangpanjang

    ReplyDelete
  112. Nama:Asti yulianti
    Kls:lX B
    Sekolah:Smpn 1 serangpanjang

    ReplyDelete
  113. Nama: Silmi Nurmillaty
    Kelas:9E
    Sekolah: SMPN 1 Cisalak

    ReplyDelete
  114. Nama Wulan aryanti
    Kelas IXD
    Sekolah Smpn 1 serangpnjang

    ReplyDelete
  115. November 4,2020 at 10:57 AM

    Nama:Renata Yulianti putri
    Kelas:9b
    Sekolah:Smpn1Serangpanjang

    ReplyDelete
  116. Nama: Intan Kurniasih
    Kelas: IX E
    Sekolah: SMPN 1 Serangpanjang

    ReplyDelete
  117. Nama:Restiana
    Kelas:9a
    Sekolh:Smpn1srngpanjang

    ReplyDelete
  118. Nama: Nur Rahmawati
    Kelas:9B
    Sekolah: SMPN 1 Cisalak

    ReplyDelete
  119. November 4,2020 at 11:03

    Nama: Renata Yulianti putri
    Kelas:9b
    Sekolah:Smpn1Serangpanjang

    ReplyDelete
  120. Nama:Restiana
    Klas:9a
    Smpn1serangpanjang

    ReplyDelete
  121. Nama;Wulan aryanti
    Kelas IXD
    Sekolah:serangpanjang

    ReplyDelete
  122. Nama: Nur Rahmawati
    Kelas:9B
    Sekolah: SMP N 1 Cisalak

    ReplyDelete
  123. Nama:Yulianti s
    Kls :9b
    Sekolah:SMPN 1 serangpanjang

    ReplyDelete
  124. Nama:Siska Nur aisyah
    Kelas:9b
    Sekolah:SMPN 1serangpanjang

    ReplyDelete
  125. Nama:Anggia Rahma
    Kelas : 9B
    Sekolah: SMPN 1 SERANGPANJANG

    ReplyDelete
  126. Nama:Restiana
    Klas:9a
    Smpn1serangpanjang

    ReplyDelete
  127. Nama Wulan aryanti
    Kelas IXD
    Sekolah SMPN 1 SERANGPANJANG

    ReplyDelete
  128. Unknown November 4,2020 at 11 11.17 AM

    Nama:Renata Yulianti putri
    Kelas:9b
    Sekolah:Smpn1Serangpanjang

    ReplyDelete
  129. Nama:Restiana
    Klas:9a
    Smpn1serangpanjang

    ReplyDelete
  130. Nama : Nur Rahmawati
    Kelas : 9B
    Sekolah: SMPN 1 Cisalak

    ReplyDelete
  131. November 4,2020 at 11:24AM

    Nama:Renata Yulianti putri
    Kelas:9b
    Sekolah:Smpn1Serangpanjang

    ReplyDelete
  132. Nama:intan
    Kelas:9B
    Sekolah:Smpn 1Serangpanjang

    ReplyDelete
  133. Nama:Intan
    Kelas:9B
    Sekolah:Smpn 1Serangpanjang

    ReplyDelete
  134. Nama:Restiana
    Klas:9a
    Smpn1serangpanjang

    ReplyDelete
  135. Nama:Wulan Aryanti
    Kelas:9D
    Sekolah:SMPN 1 serangpanjang

    ReplyDelete
  136. Nama:Yulianti Sulastri
    Kelas:9B
    Sekolah:Smpn1SerangPanjang

    ReplyDelete
  137. Nama:Wulan Aryanti
    Kelas:9D
    Sekolah:SMPN 1 Serangpanjang

    ReplyDelete
  138. NAMA:YULIANTI S
    KLS :9B
    SEKOLAH:SMPN 1 SERANGPANJANG

    ReplyDelete
  139. Nama:Wulan aryanti
    Kelas:9D
    Sekolah:SMPN 1 SERANGPANJANG

    ReplyDelete
  140. Nama: Nur Rahmawati
    Kelas:9B
    Sekolah: SMP N 1 Cisalak

    ReplyDelete
  141. Nama: Eftarina Askya Riyanto
    Kelas:9D
    Sekolah: SMPN 1 Serang Panjang

    ReplyDelete
  142. Nama: Eftarina Askya Riyanto
    Kelas:9D
    Sekolah: SMPN 1 Serang Panjang

    ReplyDelete
  143. Nama:Yulianti sulastri
    Kelas:9B
    Sekolah:Smpn 1 serangpanjang

    ReplyDelete
  144. Nama:Wulan Aryanti
    Kelas:9D
    Sekolah:SMPN 1 SERANGPANJANG

    ReplyDelete
  145. Nama:yulianti s
    Kls :9b
    Sekolah:Smpn 1 serangpanjang

    ReplyDelete
  146. Nama:m Dedi rijli
    Kelas:9A
    sekolah: smpn1serangpanjanh

    ReplyDelete
  147. Nama:Nani Rohayati
    Kelas:9B
    Sekolah:Smpn1Serangpanjang

    ReplyDelete
  148. Nama:Muhamad dedi rijli
    Kelas:9a
    Sekolah:SMPN 1 serangpanjang

    ReplyDelete
  149. Nama:Wulan aryanti
    Kelas:9D
    Sekolah:SMPN 1 SERANGPANJANG

    ReplyDelete
  150. Nama:Wulan aryanti
    Kelas:9D
    Sekolah:SMPN 1 SERANGPANJANG

    ReplyDelete
  151. Nama:Renata Yulianti putri
    Kelas:9b
    Sekolah:Smpn1Serangpanjang

    ReplyDelete
  152. Nama:Nani Rohayati
    Kelas:9B
    Sekolah:Smpn1Serangpanjang

    ReplyDelete
  153. Nama:muhamad saepudin
    Kelas:9A
    Sekolah:smpn 1 serangpanjang

    ReplyDelete
  154. Nama:muhamad saepudin
    Kelas:9A
    Sekolah:smpn 1 serang panjang

    ReplyDelete
  155. Nama :Renata Yulianti putri
    Kelas:9b
    Sekolah:Smpn1Serangpanjang

    ReplyDelete
  156. NAMA :WULAN ARYANTI
    KELAS :9D
    Sekolah : SMPN 1 SERANGPANJANG

    ReplyDelete
  157. Nama:Yulianti s
    Kls :9b
    Sekolah:smpn 1 serangpanjang

    ReplyDelete
  158. WULAN ARYANTI
    KELAS 9D
    SMPN 1 SERANGPANJANG

    ReplyDelete
  159. Nama:Renata Yulianti putri
    Kelas:9b
    Sekolah:Smpn1Serangpanjang

    ReplyDelete
  160. Nama:Yulianti s
    Kls :9b
    Sekolah:smpn 1 serangpanjang

    ReplyDelete
  161. WULAN ARYANTI
    KELAS 9D
    SMPN 1 SERANGPANJANG

    ReplyDelete
  162. Wulan ARYANTI
    Kelas 9D
    SMPN 1 serangpanjang

    ReplyDelete
  163. Nama: Nanda Nurhanifa
    Kelas: 9A
    Sekolah: SMPN 1 SERANGPANJANG

    ReplyDelete
  164. Nama:Wulan aryanti
    Kelas:9D
    Sekolah:SMPN 1 SERANGPANJANG

    ReplyDelete
  165. Nama:Nani Rohayati
    Kelas:9B
    Sekolah:SMPN 1 Serangpanjang

    ReplyDelete
  166. Nama:Nani Rohayati
    Kelas:9B
    Sekolah:SMPN 1 Serangpanjang

    ReplyDelete
  167. Nama:Nani Rohayati
    Kelas:9B
    Sekolah:SMPN 1 Serangpanjang

    ReplyDelete
  168. Nama : Dini Siti Amanah
    Kelas : 9F
    Sekolah : SMPN 1 Cisalak

    ReplyDelete
  169. Nama:cici nurfadillah
    kelas:9a
    Sekolah:smpn1serangpanjang

    ReplyDelete
  170. Nama:Asti yulianti
    Kls:9B
    Sekolah:Smpn 1 serangpa jang

    ReplyDelete
  171. November 4,2020 at 13:12AM

    Nama:Renata Yulianti putri
    Kelas :9b
    Sekolah :Smpn1Serangpanjang

    ReplyDelete
  172. Nama: Anggia Rahma
    Kelas: 9B
    Sekolah: SMPN 1 SERANGPANJANG

    ReplyDelete
  173. Nama:Sri Winda Ningsih
    Kelas:9B
    Sekolah: SMPN 1 Serangpanjang

    ReplyDelete
  174. Unknown November 4.2020 at 14:54 AM

    Nama:Sri Winda ningsih
    Kelas:9B
    Sekolah: SMPN 1 Serangpanjang

    Reply

    ReplyDelete
  175. Nama:wawat
    kelas:9A
    sekolah:Smpn 1 Serangpanjang

    ReplyDelete
  176. Nama:Wiwit
    kelas:9A
    sekolah:Smpn 1 Serangpanjang

    ReplyDelete
  177. Nama : Anita Gustiani
    Kelas :9c
    Sekolah:Smpn1cisalak

    ReplyDelete
  178. Nama: Restu Puji Lestari
    Kelas: 9E
    Sekolah: SMP Negeri 1 Cisalak

    ReplyDelete
  179. Nama : Salshabilla Aulia Jasmine
    Kelas : IX-F
    Sekolah : SMP Negeri 1 Cisalak

    ReplyDelete
  180. Nama : Nur Rahmawati
    Kelas:9B
    Sekolah:SMP N 1 Cisalak

    ReplyDelete
  181. Nama:Erin Hidayanti Lestari
    Kelas:9A
    Sekolah:SMPN 1 CISALAK

    ReplyDelete
  182. Nama:Erin Hidayanti Lestari
    Kelas:9A
    Sekolah:SMPN 1 CISALAK

    ReplyDelete
  183. Nama:Erin Hidayanti Lestari
    Kelas:9A
    Sekolah:SMPN 1 CISALAK

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel