Halaman

Kemendikbud Luncurkan Portal Guru Berbagi

Sumber: Laman Guru Berbagi

Kemendikbud Luncurkan Portal Guru Berbagi

CecepGaos.Com - Halo, sahabat Edukasi! Selamat datang kembali di blog sederhana CecepGaos.Com, media informasi pendidikan.

Kali ini, CecepGaos.Com akan berbagi informasi tentang Portal Guru Berbagi yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 6 April 2020 telah mengeluarkan surat edaran bernomor 1385/B.B5/GT/2020 perihal Infromasi tentang Portal Guru Berbagi. Surat ini ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

Di dalam surat tersebut, disebutkan bahwa dalam rangka menindaklanjuti Surat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 36962/MPK.A/HK/2020 tanggal 17 Maret 2020 tentang pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah dalam rangka pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) dan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) tanggal 24 Maret 2020, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan menyampaikan beberapa hal sebagai berikut:
  1. Direktorat Jenderal Guru danTenaga Kependidikan telah melucurkan Portal Guru Berbagi, yang merupakan wadah bagi guru untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman. Portal Guru Berbagi hadir untuk mendukung guru di Indonesia untuk tetap memberikan pembelajaran yang bermakna bagi seluruh peserta didik, guru dapat menemukan referensi, ide pembelajaran dan mengikuti berbagai aksi kolaborasi guru Indonesia, melalui tautan https://guruberbagi.kemdikbud.go.id
  2. Salah satu inisiatif gerakan aksi berbagi, diantaranya telah dilakukan oleh REFO berkolaborasi dengan Google for Education dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Guru-guru hebat di Indonesia akan menyelanggarakan webinar untuk membantu guru dan orang tua menerapkan strategi pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan perangkat Google Suite For Education.
  3. Webinar terbuka untuk umum dan gratis, guru-guru dapat berpartisipasi dalam acara ini untuk menambah wawasan tentang strategi pembelajaran jarak jauh. Untuk informasi lebih lengkap dapat mengunjungi tautan bit/ly/indonesiaeduwebinars.
Sumber: gtk.kemdikbud.go.id

Apa sih Guru Berbagi Itu?
Dikutip dari laman guruberbagi.kemdikbud.go.id, disebutkan bahwa Guru Berbagi merupakan gerakan kolaborasi pemerintah, guru, komunitas, dan penggerak pendidikan untuk bersama menghadapi Covid-19. 

Melalui Portal Guru Berbagi kita dapat saling berbagi ide dan praktik baik melalui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) agar anak-anak Indonesia bisa belajar dari mana saja. Selain itu, kita juga dapat menemukan referensi dan artikel tentang pembelajaran jarak jauh dan daring serta belajar bersama rekan guru lain. 

Mengapa Guru Beragi?
Berbagi adalah bentuk gotong royong para pendidik, penggerak pendidikan, relawan pendidikan, maupun aktivis pendidikan untuk mendukung pembelajaran bagi siswa di seluruh Indonesia. Dengan bahu membahu, kita bisa saling memberikan semangat positif. Bersama-sama kita bisa manfaaatkan waktu belajar secara produktif dan kreatif.

Menu Apa Saja yang Dapat Dimanfaatkan di Portal Guru Berbagi?
Di dalam portal Guru Berbagi ada 3 (tiga) menu yang dapat dimanfaatkan, yaitu menu RPP, Artikel, dan Aksi.

1. RPP
Di dalam menu RPP ini, kita dapat saling berbagi Recana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang kita miliki. Di menu RPP ini, kita diperbolehkan untuk membagikan foto atau visual yang mendukung penjelasan dari RPP kita. Kita juga bisa melakukan modifikasi dari RPP yang ada untuk disesuaikan dengan kebutuhan siswa.
Sumber: Laman Guru Berbagi
Di dalam menu RPP ini, selain dapat mencari referensi RPP yang dibuat oleh guru-guru lain, kita juga dapat berkontribusi dengan membuat dan membagikan RPP sendiri.
 
2. Menu Artikel
Di dalam menu Artikel ini, kita dapat mencari artikel seputar pembelajaran daring yang dapat memperkaya referensi dan menjadi sumber inspirasi untuk merancang RPP, menghidupkan interaksi belajar dengan siswa, maupun informasi untuk mendukung materi ajar kita.
Sumber: Laman Guru Berbagi
3. Menu Aksi
Di dalam menu Aksi ini kita bisa belajar bersama rekan guru lain melalui Webinar.
Sumber: Laman Guru Berbagi

Pendaftaran
Untuk mendaftar menjadi bagian dari Guru Berbagi, silakan klik DAFTAR. 
Jika telah selesai mendaftar, silakan klik DISINI.
Sumber: laman app-guruberbagi

Bagi yang sudah memiliki Akun GURU SIMPKB, Akun Program Organisasi Penggerak atau Akun SIMPATIKA, Silakan masuk DISINI.

Demikianlah informasi tentang Portal Guru Berbagi yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Semoga bermanfaat.

Surat Informasi tentang Portal Guru Berbagi dapat diunduh (download) DISINI.

Sumber: https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/informasi-tentang-portal-guru-berbagi

5 Responses to "Kemendikbud Luncurkan Portal Guru Berbagi"

  1. Mantabs, Pak CepGa. Terus berkarya dan menginspirasi. Salam literasi.

    ReplyDelete
  2. Smoga dapat dilaksanakan, guru tetap punya beban mental pada siswanya.terimakadih

    ReplyDelete
  3. Semoga bermanfaat bagi para guru, orang tua, siswa dan masyarat pada umumnya.... saya ingin berbagi moga berkenan mengunjungi chennelku https://www.youtube.com/watch?v=w9zds9sa3Mg

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel