Halaman

Kemendikbud Meluncurkan Program "Belajar dari Rumah" Bersama TVRI

Dok. Cecep Gaos

Kemendikbud Meluncurkan Program "Belajar dari Rumah" Bersama TVRI

CecepGaos.Com - Halo, sahabat Edukasi! Selamat datang kembali di blog sederhana CecepGaos.Com, media informasi pendidikan.

Kali ini, CecepGaos.Com akan berbagi informasi tentang program "Belajar dari Rumah" bersama TVRI.

Selain meluncurkan Portal Guru Berbagi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menghadirkan program "Belajar dari Rumah" melalui stasiun Televisi Republik Indonesia (TVRI).

Dikutip dari laman kemdikbud.go.id, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mulai hari Senin, 13 April 2020, bekerja sama dengan Televisi Republik Indonesia (TVRI) akan menayangkan program edukasi yang bertajuk "Belajar dari Rumah".

Program "Belajar dari Rumah" ini menjadi salah satu alternatif pembelajaran jarak jauh bagi siswa, guru, maupun orang tua, selama masa belajar dari rumah (Learning from Home) di tengah wabah virus corona (Covid-19).

Program "Belajar dari Rumah" akan diisi dengan berbagai tayangan edukasi dan pembelajaran mulai dari jejang PAUD sampai pendidikan menengah, tayangan bimbingan untuk orang tua dan guru, serta program kebudayaan di akhir pekan (Sabtu dan Minggu). Program "Belajar dari Rumah" ini sementara direncanakan akan berjalan selama tiga bulan ke depan, yaitu sampai bulan Juli 2020.

Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, meskipun Kemendikbud telah menjalin kerja sama dengan platform teknologi atau online learning milik swasta untuk memfasilitasi siswa belajar di rumah, Kemendikbud menyadari bahwa masih banyak sekolah di daerah yang tidak memiliki akses internet, kesulitan menggunakan platform teknologi, hingga keterbatasan dana untuk kuota internet atau pulsa.

Program "Belajar dari Rumah" ini diharapkan dapat memperluas akses layanan pendidikan bagi masyarakat di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) yang memiliki keterbatasan akses internet maupun keterbatasan ekonomi. TVRI merupakan saluran gratis yang bisa dinikmati masyarakat di berbagai daerah, dan bisa dimanfaatkan oleh siswa, guru, dan orang tua untuk membantu pembelajaran dari rumah selama wabah virus corona (Covid-19).

Menurut Mendikbud, konten pembelajaran dalam program "Belajar dari Rumah" akan fokus pada literasi, numerasi, dan penumbuhan budi pekerti atau pendidikan karakter. Kemendikbud juga akan melakukan monitoring dan evaluasi bersama lembaga pemerintah yang independen untuk mengkaji kualitas program "Belajar dari Rumah", seperti mengukur apakah manfaatnya benar-benar dirasakan oleh masyarakat. Mendikbud juga menuturkan, gotong rotong menjadi kunci dalam memfasilitasi anak bangsa untuk mendapatkan akses pendidikan.

Demikianlah informasi tentang program "Belajar dari Rumah" bersama TVRI yang akan mulai mengudara pada hari Senin, 13 April 2020.

Baca juga: Jadwal Program "Belajar dari Rumah" Bersama TVRI

Semoga segala upaya yang dilakukan oleh Kementerian dan Kebudayaan untuk menghadirkan pendidikan dan pembelajaran yang merata selama masa wabah virus corona (Covid-19) ini dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh anak bangsa.

Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa melindungi kita semua. Semoga wabah virus corona (Covid-19) ini segera berlalu dari bumi pertiwi tercinta.

Sumber: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/04/kemendikbud-hadirkan-program-tayangan-belajar-dari-rumah-di-tvri 

Baca juga: Jadwal Program "Belajar dari Rumah" Bersama TVRI

Baca juga: Kemendikbud Luncurkan Portal Guru Berbagi





0 Response to "Kemendikbud Meluncurkan Program "Belajar dari Rumah" Bersama TVRI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel