Halaman

Panduan Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional Sekolah Menengah Pertama (KSN-SMP) Secara Online Tahun 2020

Sumber gambar: Panduan KSN SMP 2020

Panduan Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional Sekolah Menengah Pertama (KSN-SMP) Secara Online Tahun 2020

CecepGaos.Com - Halo, sahabat Edukasi! Selamat datang kembali di blog sederhana CecepGaos.Com, media informasi pendidikan.

Kali ini, CecepGaos.Com akan berbagi informasi tentang  Panduan Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional Sekolah Menengah Pertama (KSN-SMP) Secara Online Tahun 2020. 

Dilansir dari laman /pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id, Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (25/08/2020) telah merilis  Panduan Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional Sekolah Menengah Pertama (KSN-SMP) Secara Online Tahun 2020.

Plt Kepala Pusat Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi, menyebutkan di dalam kata pengantarnya bahwa Panduan Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional Sekolah Menengah Pertama (KSN – SMP) secara Daring di susun sebagai acuan dalam mengikuti seleksi kompetisi mulai dari tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan nasional. Semoga Panduan Teknis ini dapat mempermudah dan memperlancar pelaksanaan KSN – SMP tahun ini yang dilaksanakan secara daring.

Disebutkan dalam latar belakang, bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Sekretariat Jenderal melalui Pusat Prestasi Nasional, melakukan upaya peningkatan mutu pendidikan di bidang IPA, Matematika dan IPS antara lain melalui penyelenggaraan kompetisi IPA, Matematika dan IPS yang dikenal dengan nama Kompetisi Sains Nasional (KSN). Kompetisi Sains Nasional Sekolah Menengah Pertama atau KSN SMP sebelumnya bernama Olimpiade Sains Nasional (OSN).
Kegiatan ini merupakan salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran IPA, Matematika dan IPS sehingga menjadi lebih kreatif dan inovatif. Selain itu melalui kegiatan KSN ini diharapkan akan membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, siste- matis, analitis, kritis, dan kreatif. 

TUJUAN
Tujuan umum Kompetisi Sains Nasional Sekolah Menengah Pertama (KSN-SMP) Tahun 2020 adalah sebagai wahana kompetisi dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Matematika dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) bagi peserta didik SMP dan atau yang sederajat untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang sains yang berasas- kan pendidikan karakter meliputi religiusitas, integritas, nasionalisme, kemandirian dan gotong royong. Selain hal itu, kegiatan ini juga sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi. Kompetisi ini diran- cang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

Sedangkan Tujuan khusus KSN-SMP Tahun 2020 adalah sebagai berikut:
  • Menyediakan wahana bagi peserta didik SMP dan atau yang sederajat untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang IPA Matematika dan IPS sehingga peserta didik dapat berkrea- si, terampil, memecahkan masalah, dan mampu mengembang- kan seluruh aspek kepribadiannya;
  • Memotivasi peserta didik SMP dan atau yang sederajat untuk selalu meningkatkan kemampuan spiritual, emosional, dan intelektual berdasarkan norma dan tata nilai yang baik;
  • Peserta didik SMP dan atau yang sederajat untuk mengap- likasikan pengetahuan bidang IPA Matematika dan IPS dalam kehidupan sehari-hari;
  • Memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pembelajaran IPA Matematika, dan IPS di SMP dan atau yang sederajat;
  • Memotivasi institusi/lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan
  • Memotivasi para pemangku kepentingan untuk menyosialisasikan dan menanamkan nilai-nilai spiritual, emosional, dan intelektual pada lingkungan yang menjadi tanggung jawabnya.
SASARAN
Peserta didik Terdaftar sebagai siswa SMP/MTs Negeri/Swasta, atau yang sederajat posisi kelas 7 dan 8 pada tahun ajaran 2019/2020 atau posisi kelas 8 dan 9 pada tahun ajaran 2020/2021 saat mengikuti babak penyisihan KSN di Kabupaten/Kota dan Nasional tahun 2020.

RUANG LINGKUP
Ruang Lingkup Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMP Tahun 2020 ini meliputi:
1. Bidang yang dilombakan Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMP Tahun 2020 adalah IPA, IPS, dan Matematika.
2. Jangkauan wilayah sasaran: seluruh kabupaten/kota dalam lingkup 34 provinsi di Indonesia.
3. Keterlibatan penyelenggara: Puspresnas, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, dan Gugus Tugas Covid-19 Pusat & Daerah.
4. Lingkup proses:
  • Penyiapan panduan umum dan panduan teknis pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMP dalam masa Pandemi Covid-19 sesuai protokol kesehatan Covid-19.
  • Pelaksanaan kompetisi oleh peserta dari rumah dengan mekanisme dalam jaringan (daring/online).
  • Pengawasan lomba oleh orang tua, sekolah, panitia pusat, dan bantuan teknologi
  • Penilaian dilakukan oleh tim juri dari Puspresnas
  • Pengambilan keputusan peringkat dan juara, serta pengu- mumannya dari Puspresnas.
BIDANG LOMBA
Bidang atau mata pelajaran yang dilombakan pada Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMP yaitu :
  1. Matematika
  2. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
  3. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
PERSYARATAN PESERTA
Persyaratan peserta adalah sebagai berikut :
  1. Berkewarganegaraan Indonesia;
  2. Bukan peraih medali emas, perak, dan perunggu pada Kompeti- si Sains Nasional (KSN) SMP Tingkat Nasional Tahun 2019 pada semua mata pelajaran;
  3. Terdaftar sebagai siswa SMP/MTs Negeri/Swasta, atau yang sederajat;
  4. Pada saat mengikuti KSN tahun 2020, peserta berada pada Kelas 8 (delapan) atau 9 (Sembilan) pada tahun pelajatran 2020/2021;
  5. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik);
  6. Memiliki nilai rapor setiap semester sejak semester pertama serendah-rendahnya 75 (tujuh puluh lima) untuk bidang lomba yang akan diikuti; 
  7. Sudah terdaftar pada sistem registrasi sebagai peserta KSN;
  8. Menyampaikan surat/pernyataan integritas dalam mengikuti seleksi KSN SMP.
REGISTRASI/PENDAFTARAN PESERTA
Secara umum pelaksanaan seleksi KSN SMP dilakukan secara berjenjang dimulai dari babak penyisihan ke babak final. Pelaksa- naan registrasi KSN SMP dibuka pada tanggal 25 Agustus 2020 sampai 14 September 2020 dengan melalui sistem aplikasi lomba Puspresnas, Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.

Registrasi peserta KSN SMP dapat di akses di laman: https://smp.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/lomba

Berikut langkah-langkah mekanisme registrasi:
  1. Sekolah akan mendapatkan kode pendaftaran (Username dan password) dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat.
  2. Sekolah dapat melakukan registrasi secara langsung melalui sistem aplikasi lomba disertai dengan persyaratan dan ketentu- an lomba.
  3. Petunjuk dan mekanisme registrasi/pendaftaran KSN bisa di download di smp.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/portal/download
Panduan teknis selengkapnya dapat dibaca di bawah ini.


Panduan Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional Sekolah Menengah Pertama (KSN-SMP) Secara Online Tahun 2020 ini dapat diunduh (download) DI SINI.

Demikianlah Panduan Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional Sekolah Menengah Pertama (KSN-SMP) Secara Online Tahun 2020. 

Semoga bermanfaat.

Sumber: https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/2020/08/25/panduan-teknis-kompetisi-sains-nasional-ksn-smp/

0 Response to " Panduan Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional Sekolah Menengah Pertama (KSN-SMP) Secara Online Tahun 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel