Halaman

Panduan Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional Sekolah Dasar (KSN-SD) Secara Daring Tahun 2020

Sumber gambar: Panduan KSN SD Daring 2020

Panduan Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional Sekolah Dasar (KSN-SD) Secara Daring Tahun 2020


CecepGaos.Com - Halo, sahabat Edukasi! Selamat datang kembali di blog sederhana CecepGaos.Com, media informasi pendidikan.

Kali ini, CecepGaos.Com akan berbagi informasi tentang Panduan Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional Sekolah Dasar (KSN-SD) Secara Daring Tahun 2020. 

Dilansir dari laman /pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id, Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (24/08/2020) telah merilis Panduan Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional Sekolah Dasar (KSN-SD) Secara Daring Tahun 2020. 

Plt Kepala Pusat Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi, menyebutkan di dalam kata pengantarnya bahwa Panduan Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional Sekolah Dasar (KSN – SD) secara Daring di susun sebagai acuan dalam mengikuti seleksi kompetisi mulai dari tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan nasional. Semoga Panduan Teknis ini dapat mempermudah dan memperlancar pelaksanaan KSN – SD tahun ini yang dilaksanakan secara daring.

Kemudian disebutkan dalam latar belakang bahwa upaya peningkatan mutu pendidikan di bidang Matematika dan IPA antara lain dilakukan melalui penyelenggaraan kompetisi Matematika dan IPA yang dikenal dengan nama Kompetisi Sains Nasional (KSN). Kompetisi Sains Nasional Sekolah Dasar atau KSN SD sebelumnya bernama Olimpiade Sains Nasional (OSN). Kegiatan ini merupakan salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran Matematika dan IPA sehingga menjadi lebih kreatif dan inovatif. Selain itu melalui kegiatan KSN ini diharapkan akan membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis, dan kreatif.

TUJUAN
Tujuan umum Kompetisi Sains Nasional – Sekolah Dasar (KSN-SD) Tahun 2020 adalah sebagai wahana kompetisi dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), bagi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang sains yang berasaskan pendidikan karakter meliputi religiusitas, integritas, nasionalisme, kemandirian dan gotong royong. Selain hal itu, kegiatan ini juga sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkem- bangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi. Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

Sedangkan Tujuan khusus KSN-SD Tahun 2020 adalah sebagai berikut:
  1. Menyediakan wahana bagi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang Matematika dan IPA sehingga peserta didik dapat berkreasi, terampil, memecahkan masalah, dan mampu mengembangkan seluruh aspek kepribadiannya;
  2. Memotivasi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk selalu meningkatkan kemampuan spiritual, emosional, dan intelektual berdasarkan norma dan tata nilai yang baik;
  3. peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk mengap- likasikan pengetahuan bidang Matematika dan IPA dalam kehidupan sehari-hari;
  4. Memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pembelajaran Matematika, dan IPA di SD dan atau yang seder- ajat;
  5. Memotivasi institusi/lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan
  6. Memotivasi para pemangku kepentingan untuk menyosial- isasikan dan menanamkan nilai-nilai spiritual, emosional, dan intelektual pada lingkungan yang menjadi tanggung jawabnya.
TEMA
Tema yang diusung dalam pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional Sekolah Dasar (KSN-SD) Secara Daring Tahun 2020 adalah sebagai berikut. 

Dengan belajar secara tidak langsung, namun tetap semangat berprestasi dari rumah.

SASARAN
Sasaran seleksi Kompetisi Sains Nasional (KSN) adalah peserta didik sekolah dasar yang telah mengikuti seleksi secara berjenjang mulai dari tingkat sekolah, kecamatan, Kabupaten/Kota, provinsi dan nasional.

RUANG LINGKUP
Bidang yang dikompetisikan dalam KSN-SD Tahun 2020 adalah Matematika dan IPA.

KETENTUAN UMUM
1. Seleksi Tingkat Provinsi
  • Pusat Prestasi Nasional mengembangkan aplikasi untuk pelaksanaan seleksi KSN-SD secara daring (online);
  • Setiap kabupaten/kota diwakili oleh 3 (tiga) orang peserta didik untuk bidang Matematika dan 3 (tiga) orang peserta didik untuk bidang IPA sebagai hasil seleksi tingkat kabupat- en/kota yang dibuktikan dengan surat keputusan kepala dinas pendidikan kabupaten/kota;
  • Setiap provinsi membuat Surat Keputusan Kepala Dinas Pen- didikan Provinsi tentang Peserta Seleksi KSN-SD Tingkat Provinsi berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Pendi- dikan Kabupaten/Kota dan dikirim ke Pusat Prestasi Nasional paling lambat tanggal 11 September 2020.
  • Setiap Provinsi menyampaikan hasil pemetaan jaringan inter- net peserta yang dapat mengakses internet menggunakan smart phone android dan paket kuota internet kepada Pusat Prestasi Nasional (lampiran 3) dan dikirim ke Pusat Prestasi Nasional paling lambat tanggal 11 September 2020.
2. Seleksi Tingkat Nasional
  • Pusat Prestasi Nasional mengembangkan aplikasi untuk pelaksanaan seleksi KSN-SD secara daring (online);
  • Pusat Prestasi Nasional menetapkan pemenang hasil seleksi peserta tingkat provinsi berdasarkan ketentuan di bawah ini: Jumlah peserta KSN-SD tingkat nasional berjumlah 136 peserta didik (untuk setiap bidang) yang berasal dari 34 provinsi. Penilaian peserta yang lolos ke tingkat nasional didasarkan pada mekanisme ranking nasional dan kuota ranking nilai tertinggi pada masing-masing provinsi dengan rincian sebagai berikut:
1) sejumlah 68 peserta didik berdasarkan ranking nasional hasil seleksi tingkat provinsi dengan jumlah maksimal setiap provinsi sebanyak 3 peserta didik.
2) sejumlah 2 peserta didik wakil masing-masing provinsi diambil dari ranking tertinggi provinsi.
3) sehingga setiap provinsi dapat diwakili oleh minimal 2 (dua) peserta didik dan maksimal 5 (lima) peserta didik untuk masing-masing bidang Matematika dan IPA berdasarkan hasil penilaian seleksi tingkat provinsi.
  • Peserta yang lolos seleksi ke tingkat nasional untuk setiap bidang akan dibuktikan dengan Surat Keputusan Kepala Pusat Prestasi Nasional dan akan mengikuti seleksi KSN-SD tingkat nasional pada tanggal 31 Oktober sampai dengan 5 Nopember 2020.

PERSYARATAN PESERTA
  1. Peserta seleksi tingkat provinsi adalah peserta didik sekolah dasar dan atau yang sederajat baik negeri maupun swasta hasil seleksi tingkat kabupaten/kota dibuktikan dengan surat keputu- san kepala dinas pendidikan kabupaten/kota.
  2. Peserta seleksi tingkat nasional adalah peserta didik sekolah dasar dan atau yang sederajat baik negeri maupun swasta hasil seleksi tingkat provinsi berdasarkan Surat Keputusan Kepala Pusat Prestasi Nasional.
REGISTRASI/PENDAFTARAN PESERTA
Secara umum pelaksanaan seleksi KSN-SD dilakukan secara berjenjang mulai dari babak penyisihan ke babak final. Pelaksanaan registrasi KSN-SD dibuka pada tanggal 24 Agustus sampai 14 September 2020.

Registrasi peserta KSN-SD dapat diakses di laman: https://sd.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/lomba 

Berikut langkah-langkah mekanisme registrasi:
  1. Sekolah akan mendapatkan kode pendaftaran (ID dan Password) dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat
  2. Sekolah dapat melakukan registrasi secara langsung melalu laman (website) lomba disertai dengan persyaratan dan ketentu- an lomba.
  3. Petunjuk dan mekanisme registrasi/pendaftaran KSN bisa di download di sd.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/portal/download
Panduan teknis selengkapnya dapat dibaca di bawah ini.


Panduan Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional Sekolah Dasar (KSN-SD) Secara Daring Tahun 2020 ini dapat diunduh (downoad) DI SINI.

Demikianlah informasi tentang Panduan Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional Sekolah Dasar (KSN-SD) Secara Daring Tahun 2020. 

Semoga bermanfaat.

Sumber: https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/2020/08/24/panduan-teknis-kompetisi-sains-nasional-ksn-sd/

0 Response to "Panduan Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional Sekolah Dasar (KSN-SD) Secara Daring Tahun 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel