Halaman

Telah Dibuka Pendaftaran Training Course EESD (Environmental Education for Sustainable Development) Seameo Qitep in Science | SEAQIS

Telah Dibuka Pendaftaran Training Course EESD (Environmental Education for Sustainable Development) Seameo Qitep in Science | SEAQIS  

Sumber: SS Seaqis



CecepGaos.Com - Halo, sahabat Edukasi! Selamat datang kembali di blog sederhana CecepGaos.Com, media informasi pendidikan terbaru.

Kali ini, CecepGaos.Com akan berbagi informasi tentang Training Course EESD (Environmental Education for Sustainable Development) Seameo Qitep in Science | SEAQIS.

Melansir CecepGaos.Com dari website Seameo Qitep in Science, Seameo Qitep in Science merilis informasi atau pengumuman tentang Training Course EESD (Environmental Education for Sustainable Development). 

Dalam rilis tersebut disebutkan bahwa Training Course EESD (Environmental Education for Sustainable Development) tahun 2021 akan dilaksanakan pada tanggal 1 - 12 November 2021. Kegiatan Training Course ini akan berlangsung secara Full Online.  

Berikut ini hal-hal penting  yang disampaikan dalam rilis pengumuman tersebut.

TENTANG KEGIATAN (RASIONAL)

Makhluk hidup yang paling berpengaruh di muka bumi ini adalah manusia. Oleh karena itu, mempelajari semua topik lingkungan dengan membahasnya sebagai konsep tidak akan cukup, tetapi bagaimana kita sebagai manusia harus bertindak untuk menghadapinya. Dari pencapaian masa lalu dan tantangan masa depan terkait pendidikan di Asia Tenggara khususnya terkait dengan pengembangan tujuan pembangunan global dan integrasi ASEAN, dapat diidentifikasi sejumlah kekuatan pendorong penting yang akan mempengaruhi perkembangan pendidikan di masa depan di kawasan ini. Ini termasuk kerusakan dan keberlanjutan lingkungan serta konflik darurat dan bencana (Sekretariat SEAMEO, 2014). Sistem pendidikan setidaknya dapat melakukan upaya untuk mempromosikan pembangunan berkelanjutan dalam apa yang mereka ajarkan dan dalam upaya membuat lembaga mereka sendiri “hijau” dan ramah lingkungan. Bahkan sistem pendidikan yang kurang dibahas harus melakukan sesuatu untuk mempertahankan diri dan menjadi tangguh dalam menghadapi, dan untuk mencegah, mempersiapkan, mengurangi dampak, menanggapi, dan pulih dari keadaan darurat tersebut.

Niat baik untuk pengembangan profesional guru telah gagal dalam praktek. Meskipun diambil oleh peminat, pendidikan guru untuk pembangunan berkelanjutan jarang diarusutamakan, dan, di mana ada kursus, sering didekati dalam kerangka disiplin (Wals, A., 2009, di UNESCO, 2013 hal.3). Berkaitan dengan hal tersebut, Training Course on Environmental Education for Sustainable Development merupakan salah satu upaya SEAMEO QITEP in Science (SEAQIS) untuk meningkatkan kompetensi guru dan mendorong peran nyata mereka di sekolah untuk mengatasi ancaman dalam pembangunan berkelanjutan.

Sejak 2009, SEAQIS telah mengembangkan pendekatan seluruh sekolah dalam mempromosikan pendidikan lingkungan. Inti dari pendekatan ini adalah pelibatan semua pihak di sekolah yang mengarah pada pemberdayaan mereka dalam mengintegrasikan isu-isu pendidikan lingkungan ke dalam semua program/kegiatan sekolah. Selanjutnya, pada tahun 2019, SEAQIS berafiliasi dengan Office of Climate Education (OCE) dan pihak-pihak lain yang peduli dengan Disaster Risk Reduction (DRR) dan Global Citizenship akan memberikan perspektif baru untuk memperkaya pemahaman dan keterampilan guru dalam menghadapi tantangan lingkungan saat ini. Program ini merupakan bagian penting dalam peningkatan kualitas pembelajaran IPA di sekolah yang berkaitan dengan lingkungan, pelestarian ekosistem dan dukungannya terhadap pembangunan berkelanjutan.

TUJUAN

Setelah menyelesaikan kursus ini, peserta harus dapat:
  • berbagi praktik terbaik tentang pelaksanaan pendidikan lingkungan di sekolah peserta;
  • menjelaskan ilmu, permasalahan, dan solusi pendidikan lingkungan hidup dalam mendukung pembangunan berkelanjutan di tingkat lokal dan regional;
  • mengintegrasikan isu-isu pembangunan berkelanjutan ke dalam rencana pelajaran, kegiatan langsung, materi pembelajaran dan konten publikasi pendidikan lingkungan;
  • mengamati praktik pengelolaan lingkungan sebagai sumber inspirasi untuk diadopsi.

TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah menyelesaikan kursus ini, peserta harus dapat:
  • menggambarkan proses pembentukan batuan;
  • mendemonstrasikan bagaimana lempeng tektonik bergerak dan bagaimana bentang alam terbentuk;
  • merencanakan prosedur pengurangan dan mitigasi risiko sekolah;
  • mengalami dan mempelajari interaksi di tata surya melalui kegiatan sederhana dan simulasi menggunakan media konvensional atau digital;
  • mengembangkan pelajaran Bumi dan ruang angkasa interaktif menggunakan kegiatan langsung yang sederhana; dan
  • mengalami dan mempelajari penggunaan praktik pengajaran IPA yang patut dicontoh seperti pembelajaran inkuiri, pembelajaran kooperatif/kolaboratif, dan pembelajaran berbasis masalah.

PELATIH
Kursus pelatihan akan didukung oleh mitra afiliasi SEAQIS: Office of Climate Education (OCE), Komisi Nasional Indonesia UNESCO (KNIU), pelatih dan pakar dari beberapa universitas terkenal seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), dan Universitas Padjajaran (UNPAD).

KETENTUAN UMUM
  • Usia tidak lebih dari 52 tahun
  • Mengerti bahasa Inggris
  • BELUM PERNAH mengikuti kursus pelatihan reguler yang diselenggarakan oleh SEAMEO QITEP in Science dalam dua tahun terakhir (data alumni akan diverifikasi).
  • Guru aktif di sekolah dan/atau anggota aktif Ikatan Guru, dll.
  • Kondisi kesehatan yang baik
  • Bagi wanita, sedang tidak hamil
Catatan: guru sains di sekolah dasar lebih disukai

CARA MENDAFTAR

Kunjungi link pendaftaran di bawah ini, upload dokumen yang diminta, dan panitia akan menghubungi untuk wawancara jika lolos seleksi administrasi. Pelamar yang berhasil akan dihubungi oleh panita dan akan diumumkan di Website dan Fan-page Facebook Seameo Qitep in Science.

Untuk mendaftar, klik LINK PENDAFTARAN

KONTAK

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi nomor telepon di bawah ini.
Telepon: + 62 22 421 8739
SENIN-JUMAT pukul 07:30 - 16:00 WIB.


Demikianlah informasi tentang Training Course EESD (Environmental Education for Sustainable Development) Seameo Qitep in Science | SEAQIS. 

Semoga bermanfaat.

Sumber: https://www.qitepinscience.org/environmental-education-for-sustainable-development/


1 Response to " Telah Dibuka Pendaftaran Training Course EESD (Environmental Education for Sustainable Development) Seameo Qitep in Science | SEAQIS "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel