Halaman

Telah Dibuka Pendaftaran Training Course ESS (Earth and Space Science) Seameo Qitep in Science | SEAQIS

Telah Dibuka Pendaftaran Training Course ESS (Earth and Space Science) Seameo Qitep in Science | SEAQIS  


Sumber gambar: SS Seaqis



CecepGaos.Com - Halo, sahabat Edukasi! Selamat datang kembali di blog sederhana CecepGaos.Com, media informasi pendidikan terbaru.

Kali ini, CecepGaos.Com akan berbagi informasi tentang Training Course ESS (Earth and Space Science) Seameo Qitep in Science | SEAQIS.

Melansir CecepGaos.Com dari website Seameo Qitep in Science, Seameo Qitep in Science merilis informasi atau pengumuman tentang Training Course ESS (Earth and Space Science) tahun 2021. 

Dalam rilis tersebut disebutkan bahwa Training Course ESS (Earth and Space Science) tahun 2021 akan dilaksanakan pada tanggal 1 - 12 November 2021. Kegiatan Training Course ini akan berlangsung secara Full Online.  

Berikut ini hal-hal penting  yang disampaikan dalam rilis pengumuman tersebut.

TENTANG KEGIATAN (RASIONAL)

Bumi adalah satu-satunya planet yang diketahui memiliki kehidupan yang melimpah dan kompleks. Bola-bola Bumi yang saling terkait (geosfer, hidrosfer, atmosfer, dan biosfer) secara dinamis seimbang dan ditopang oleh energi dari Matahari dan dari inti Bumi. Memahami bagaimana Bumi dan sistem ruang angkasa berinteraksi, bagaimana mereka memengaruhi kita, dan bagaimana kita memengaruhinya sangat penting untuk kelangsungan hidup kita. (Te Kete Ipurangi-MOE Selandia Baru, 2012)

Terlebih lagi, saat ini kita hidup di masa dimana Bumi dan penghuninya menghadapi banyak tantangan. Iklim kita berubah dan perubahan itu disebabkan oleh aktivitas manusia. Ilmuwan bumi menyadari masalah ini dan harus memainkan peran kunci dalam upaya untuk menyelesaikannya. Kita juga ditantang untuk: mengembangkan sumber energi baru yang berdampak minimal terhadap iklim; menemukan sumber baru logam dan sumber daya mineral lainnya karena sumber yang diketahui sudah habis; dan menentukan bagaimana populasi Bumi yang terus meningkat dapat hidup dan menghindari ancaman serius seperti aktivitas gunung berapi, gempa bumi, tanah longsor, banjir, dan lainnya. Ini hanya beberapa masalah di mana solusinya bergantung pada pemahaman mendalam tentang Ilmu Bumi. (Hobart King-geology.com)

Menjawab tantangan tersebut, SEMEO QITEP in Science (SEAQIS) sebagai Pusat yang berfokus pada peningkatan kualitas pendidikan sains telah mengembangkan pendekatan seluruh sekolah di promosi Pendidikan Ilmu Kebumian dan Antariksa sejak tahun 2009. Dengan mengadakan pelatihan ilmu kebumian dan antariksa, guru diharapkan dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola kegiatan kelas yang berkaitan dengan bumi dan antariksa. Dampak selanjutnya adalah siswa yang mempelajari ilmu Bumi dan antariksa menjadi lebih menghargai keterkaitan dinamis yang ada antara tata surya, alam semesta, dan sistem Bumi kita. Mereka juga mengembangkan rasa heran dan keinginan untuk mendalami ilmu pengetahuan. Dengan demikian, program ini merupakan bagian penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di sekolah-sekolah yang berkaitan dengan manusia yang berkaitan dengan tata surya, alam semesta, dan tata bumi.

Pada tahun 2019, SEAQIS berafiliasi dengan Pusat Pendidikan Sains Luar Angkasa Pakistan (PSSEC) menekankan pada inisiatif pendidikan bertema luar angkasa yang menyediakan kegiatan, dalam konteks ilmu ruang angkasa terutama di sekitar eksplorasi Mars yang menggairahkan dan melibatkan siswa dan menginspirasi mereka untuk mengejar karir di bidang sains , teknologi, dan rekayasa.

TUJUAN
Program pelatihan ini bertujuan untuk mengembangkan pemahaman isi guru dan mendukung pengembangan kegiatan kelas yang berkaitan dengan ilmu bumi dan antariksa, untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran di kelas.

TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah menyelesaikan kursus ini, peserta harus dapat:
  • menggambarkan proses pembentukan batuan;
  • mendemonstrasikan bagaimana lempeng tektonik bergerak dan bagaimana bentang alam terbentuk;
  • merencanakan prosedur pengurangan dan mitigasi risiko sekolah;
  • mengalami dan mempelajari interaksi di tata surya melalui kegiatan sederhana dan simulasi menggunakan media konvensional atau digital;
  • mengembangkan pelajaran Bumi dan ruang angkasa interaktif menggunakan kegiatan langsung yang sederhana; dan
  • mengalami dan mempelajari penggunaan praktik pengajaran IPA yang patut dicontoh seperti pembelajaran inkuiri, pembelajaran kooperatif/kolaboratif, dan pembelajaran berbasis masalah.

PELATIH
Kursus pelatihan ini akan didukung oleh pelatih dan pakar dari beberapa institusi ternama seperti Pusat Pendidikan Sains Luar Angkasa Pakistan (PSSEC), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Padjadjaran (UNPAD), dan pelatih/instruktur dari Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Guru dan Tenaga Kependidikan IPA (PPPPTK IPA).

KETENTUAN UMUM
  • Usia tidak lebih dari 52 tahun
  • Mengerti bahasa Inggris
  • BELUM PERNAH mengikuti kursus pelatihan reguler yang diselenggarakan oleh SEAMEO QITEP in Science dalam dua tahun terakhir (data alumni akan diverifikasi).
  • Guru aktif di sekolah dan/atau anggota aktif Ikatan Guru, dll.
  • Kondisi kesehatan yang baik
  • Bagi wanita, sedang tidak hamil
Catatan: Guru IPA, Fisika, atau Geografi di SMP atau SMA lebih disukai

CARA MENDAFTAR

Kunjungi link pendaftaran di bawah ini, upload dokumen yang diminta, dan panitia akan menghubungi untuk wawancara jika lolos seleksi administrasi. Pelamar yang berhasil akan dihubungi oleh panita dan akan diumumkan di Website dan Fan-page Facebook Seameo Qitep in Science.

Untuk mendaftar, klik LINK PENDAFTARAN

KONTAK

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi nomor telepon di bawah ini.
Telepon: + 62 22 421 8739
SENIN-JUMAT pukul 07:30 - 16:00 WIB.


Demikianlah informasi tentang Training Course ESS (Earth and Space Science) Seameo Qitep in Science | SEAQIS. 

Semoga bermanfaat.

Sumber: https://www.qitepinscience.org/earth-and-space-science/


0 Response to "Telah Dibuka Pendaftaran Training Course ESS (Earth and Space Science) Seameo Qitep in Science | SEAQIS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel