Halaman

Panduan Teknis Ajang Kreasi dan Apresiasi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (AKA-PDBK) Tingkat Nasional Tahun 2020 | Semua Jenjang Pendidikan

Panduan Teknis Ajang Kreasi dan Apresiasi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (AKA-PDBK) Tingkat Nasional Tahun 2020 | Semua Jenjang Pendidikan 

Sumber gambar: SC Panduan Teknis AKA PDBK


CecepGaos.Com - Halo, sahabat Edukasi! Selamat datang kembali di blog sederhana CecepGaos.Com, media informasi pendidikan terbaru. 

Kali ini CecepGaos.Com akan berbagi informasi tentang Panduan Teknis Ajang Kreasi dan Apresiasi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (AKA-PDBK) Tingkat Nasional Tahun 2020.

Dilansir dari laman pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id, Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merilis Panduan Teknis Ajang Kreasi dan Apresiasi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (AKA-PDBK) Tingkat Nasional Tahun 2020.

 Di dalam panduan teknis tersebut disebutkan bahwa dalam rangka peningkatan mutu pendidikan khusus yang sekaligus meningkatkan sumber daya manusia pada bidang seni dan kemandirian, Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Ajang Kreasi dan Apresiasi (AKA) Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) Tahun 2020 dengan pelaksanaan diatur nasional. Penyelenggaraan AKA-PDBK sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan Kreasi dan ajang Apresiasi bagi peserta didik berkebutuhan khusus karena melalui AKA-PDBK akan menumbuhkan rasa cinta terhadap seni dan kemandirian sehingga akan memberikan inspirasi kepada mereka untuk melestarikan kesenian Indonesia dan perlindungan terhadap kekayaan budaya bangsa serta menumbuhkembangkan kemandirian.

Kemudian disebutkan bahwa AKA-PDBK diharapkan dapat mengembangkan potensi peserta didik berkebutuhan khusus menjadi pribadi sehat, cakap, kreatif, dan mandiri. AKA-PDBK mendorong peserta didik termotivasi untuk beraktualisasi diri dan berkompetisi secara sehat dalam mencapai puncak prestasi sesuai dengan kemampuan yang dimiliki PDBK. Selain itu diharapkan agar PDBK dapat mengembangkan ide-ide dan kreativitasnya dalam bidang seni serta karya-karya nyata yang diminati oleh PDBK sejak dini sampai kelak dewasa, sehingga rasa percaya diri terhadap kemampuan yang dimiliki semakin besar.

Lebih lanjut disebutkan bahwa dalam kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini, penyelenggaraan AKAPDBK tahun 2020 akan diselenggarakan dengan mekanisme Daring/online. Pelaksanaan secara Daring dilakukan dalam rangka implementasi kebijakan pemerintah tentang pembatasan kegiatan di tempat atau fasilitas umum untuk mencegah penyebaran Covid-19 serta melindungi keselamatan dan kesehatan semua pihak yang terlibat. AKA-PDBK yang dilaksanakan secara Daring diharapkan tidak akan mengurangi kualitas dan makna AKA-PDBK

TUJUAN

Tujuan diselenggarakannya Ajang Kreasi dan Apresiasi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (AKA-PDBK) Tingkat Nasional Tahun 2020 ini adalah sebagai berikut.

  1. Sebagai wadah untuk berkreasi, menampilkan karya kreatif dan inovatif di bidang seni dan kemandirian.
  2. Mengembangkan ekspresi sesuai dengan norma budi pekerti dan karakter yang berbasis budaya bangsa.
  3. Meningkatkan kreativitas dan motivasi untuk mengekspresikan diri di bidang seni.
  4. Menumbuhkembangkan sikap sportivitas, kompetitif, dan jiwa kepemimpinan.
  5. Menumbuhkembangkan kemandirian peserta didik berkebutuhan khusus.


TEMA

Tema Ajang Kreasi dan Apresiasi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (AKA-PDBK) Tingkat Nasional Tahun 2020 ini adalah sebagai berikut.

“Menumbuhkan nilai-nilai Sumpah Pemuda melalui karya mandiri peserta didik berkebutuhan khusus dari rumah”


SASARAN

Peserta AKA-PDBK tahun 2020 adalah sebagai berikut.

  1. Peserta didik tunagrahita putera/puteri pada satuan pendidikan khusus jenjang SDLB, SMPLB, SMALB;
  2. Peserta didik tunagrahita putera/puteri pada satuan pendidikan penyelenggara pendidikan inklusif jenjang SD, SMP, SMA/SMK;
  3. Peserta didik down syndrom putera/puteri pada satuan pendidikan khusus jenjang SDLB, SMPLB, SMALB;
  4. Peserta didik down syndrom putera/puteri pada satuan pendidikan penyelenggara pendidikan inklusif jenjang SD, SMP, SMA/SMK;

CABANG LOMBA

  1. Melipat Pakaian (tunagrahita SDLB/SD Penyelenggara Pendidikan Inklusif)
  2. Memakai dan Mengikat Tali Sepatu (tunagrahita SMPLB/SMP Penyelenggara Pendidikan Inklusif)
  3. Kreasi Bercerita (tunagrahita SMALB/SMA/SMK Penyelenggara Pendidikan Inklusif)
  4. Senam “Ayo Tetap Bergembira” dengan contoh video senam dapat diunduh di laman pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id (down syndrom SDLB/SMPLB/SD/SMP Penyelenggara Pendidikan Inklusif)
  5. Fashion Show (down syndrom SMPLB/SMALB/SMP Penyelenggara Pendidikan Inklusif)
  6. Menggosok Gigi (down syndrom SMPLB/SMALB/SMA/SMK Penyelenggara Pendidikan Inklusif)
Panduan Teknis Ajang Kreasi dan Apresiasi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (AKA-PDBK) Tingkat Nasional Tahun 2020 selengkapnya dapat dibaca di bawah ini. 


Panduan Teknis Ajang Kreasi dan Apresiasi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (AKA-PDBK) Tingkat Nasional Tahun 2020 dapat diunduh (download) DI SINI.

Template atau contoh video senam dapat dilihat DI SINI.

Demikianlah informasi tentang Panduan Teknis Ajang Kreasi dan Apresiasi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (AKA-PDBK) Tingkat Nasional Tahun 2020. 

Semoga bermanfaat.

Sumber: https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/2020/10/12/ajang-kreasi-dan-apresiasi-peserta-didik-berkebutuhan-khusus-aka-pdbk-tingkat-nasional-secara-daring-tahun-2020-tema-sumpah-pemuda/

0 Response to "Panduan Teknis Ajang Kreasi dan Apresiasi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (AKA-PDBK) Tingkat Nasional Tahun 2020 | Semua Jenjang Pendidikan "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel