Halaman

Modul Asesmen Diagnosis Awal Pembelajaran | Matematika Kelas 3 SD/MI

Modul Asesmen Diagnosis Awal Pembelajaran | Matematika Kelas 3 SD/MI

Sumber: SC Cover modul Asesmen Diagnosis Matematika Kelas 3



CecepGaos.Com - Halo, sahabat Edukasi! Selamat datang kembali di blog sederhana CecepGaos.Com, media informasi pendidikan terbaru. 

Kali ini, CecepGaos.Com akan berbagi informasi tentang Modul Asesmen Diagnosis Awal Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika Kelas 3 SD/MI.

Dilansir dari laman pusmenjar.kemdikbud.go.id, Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah menerbitkan Modul Asesmen Diagnosis Awal Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika Kelas 3 SD/MI. 

Sebelumnya perlu disampaikan bahwa blog pendidikan CecepGaos.Com membagikan informasi ini dengan tujuan agar informasi tentang Modul Asesmen Diagnosis Awal Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika Kelas 3 SD/MI ini dapat diterima, diketahui dan dipahami serta dapat diterapkan oleh sebanyak-banyaknya rekan guru atau pendidik di seluruh Indonesia. 

Dikutip dari kata pengantar modul tersebut disebutkan bahwa Pandemi Covid-19 pada beberapa bulan terakhir berdampak pada beberapa sektor kehidupan, tak terkecuali sektor pendidikan. Untuk membatasi penyebaran dan penularan virus Covid-19 secara luas di satuan pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengambil kebijakan penyelenggaran Belajar dari Rumah (BDR). Kebijakan serupa juga diterapkan di lebih dari 180 negara dunia. Kebijakan BDR diyakini dapat berdampak pada perkembangan kognitif dan non-kognitif siswa yang selanjutnya dapat mempengaruhi wajah pendidikan di masa depan.

Lebih lanjut disebutkan bahwa di Indonesia, beragamnya kondisi sosial ekonomi, akses teknologi, serta kondisi wilayah sebaran Covid-19 menyebabkan pelaksanaan BDR serta capaian belajar siswa bervariasi. Oleh karena itu, asesmen untuk mengetahui hambatan dan kelemahan siswa pada saat
BDR perlu dilakukan. Asesmen yang meliputi aspek kognitif dan non-kognitif perlu dilakukan
agar pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan kondisi siswa. Hasil asesmen memberikan dasar kepada guru untuk menetapkan perlakukan atau strategi yang tepat kepada masingmasing siswa. Remedial atau pengayaan yang dilakukan sebagai tindak lanjut hasil asesmen merupakan upaya untuk memastikan tidak ada siswa yang tertinggal atau dirugikan.

Kemudian disebutkan lebih lanjut bahwa modul ini disusun untuk memberikan inspirasi, wawasan, dan pedoman bagi bapak dan ibu guru dalam melakukan persiapan, pelaksanaan, diagnosis dan tindaklanjut yang tepat pada proses asesmen diagnosis. Kami berharap modul ini menjadi salah satu penguatan terhadap prinsip “teaching at the right level”, khususnya pada masa pandemik. 

A. Kisi-Kisi Soal Asesmen Awal Pembelajaran
Dikutip dari Modul Asesmen Diagnosis Awal Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika Kelas 3 SD/MI, berikut ini kisi-kisi soal Asesmen Diagnosis Awal Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika Kelas 3 SD/MI.



Untuk soal-soal, kemungkinan jawaban siswa, kunci jawaban, pedoman penskoran, interpretasi dan tindak lanjut asesmen awal pembelajaran selengkapnya dapat di baca di bawah ini.


Modul Asesmen Diagnosis Awal Pembelajaran mata pelajaran Matematika Kelas 3 SD/MI dapat diunduh (download) DI SINI. 

Demikianlah informasi tentang Modul Asesmen Diagnosis Awal Pembelajaran mata pelajaran Matematika Kelas 3 SD/MI

    Semoga bermanfaat.

    Sumber: https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/publikasi/?thn_opt=&kat_opt=11&filter=Filter

    0 Response to "Modul Asesmen Diagnosis Awal Pembelajaran | Matematika Kelas 3 SD/MI"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel