Halaman

Buku Pedoman Teknis KOSN (Kompetisi Olahraga Siswa Nasional) Jenjang SMK Tahun 2020

Buku Pedoman Teknis KOSN (Kompetisi Olahraga Siswa Nasional) Jenjang SMK Tahun 2020

Sumber gambar: SC Buku Pedoman KOSN SMK


CecepGaos.Com - Halo, sahabat Edukasi! Selamat datang kembali di blog sederhana CecepGaos.Com, media informasi pendidikan terbaru. 

Kali ini CecepGaos.Com akan berbagi informasi tentang Buku Pedoman (Juklak dan Juknis) KOSN (Kompetisi Olahraga Siswa Nasional) Jenjang SMA Tahun 2020. 

Dilansir dari laman pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id, Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merilis Buku Pedoman atau Petunjuk Pelaksanaan/Petunjuk Teknis KOSN (Kompetisi Olahraga Siswa Nasional) jenjang SMK tahun 2020. 

Dalam rilis tersebut disebutkan bahwa Puspresnas (Pusat Prestasi Nasional), Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan berbagai kompetisi sebagai ajang mengasah talenta bagi siswa. Salah satunya adalah Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) Jenjang SMK. Program KOSN Jenjang SMK Tahun 2020 untuk pertama kali diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas). Sebelumnya ajang KOSN ini telah dilaksanakan di setiap direktorat terkait.

KOSN Jenjang SMK mempunyai tujuan untuk memfasilitasi dan memotivasi peserta didik SMK yang memiliki bakat dan minat di bidang olahraga. Kegiatan ini sekaligus menjadi upaya pembentukan sikap mental, sportivitas, kejujuran dan rasa solidaritas yang tinggi antar sesama siswa yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi dan mutu pendidikan. KOSN menambah kepercayaan bahwa olahraga bukan hanya tentang raga yang sehat melainkan bisa juga meningkatkan skill dan kemampuannya sesuai dengan cabang olahraga yang diikutinya.

Pada KOSN Jenjang SMK di tahun sebelumnya dipertandingkan 5 (lima) cabang olahraga yaitu: Bulutangkis, Karate, Pencak Silat, Atletik, dan Renang. Sayangnya, pada tahun 2020 terjadi Pandemi Covid-19 sehingga tidak semua cabang olahraga dapat diperlombakan, karena siswa harus tetap di rumah untuk menghindari kerumunan masa yang banyak. Namun demikian, Pusat Prestasi Nasional tetap memberi kesempatan bagi siswa untuk berprestasi dari rumah sekalipun hanya 2 (dua) cabang lomba yang dikompetisikan yaitu: cabang lomba Karate dan Pencak Silat yang pelaksanaannya dilakukan secara daring atau online.

Lebih lanjut disebutkan bahwa panduan ini disusun sebagai acuan pelaksanaan KOSN Jenjang SMK Tahun 2020 bagi pelatih, wasit/juri, pendamping, peserta, dan sekolah ataupun Dinas Pendidkan Provinsi di seluruh Indonesia. Semua pemangku kepentingan kompetisi diharapkan bisa melakukan persiapan secara lebih matang sehingga penyelenggaraan seleksi pertandingan atau perlombaan dapat berjalan baik seleksi di tingkat Provinsi hingga babak final di Tingkat Nasional berjalan sesuai dengan tata cara dan aturan yang telah disepakati bersama.

Kemudian disebutkan bahwa panitia penyelenggara mengharapkan doa dan dukungan semua pihak agar kegiatan KOSN Jenjang SMK Tahun 2020 dapat terlaksana dengan baik. Semoga kegiatan ini menjadi wadah kolaborasi pihak-pihak terkait demi kesuksesan penyelenggaraan dan dapat menjadi sarana memajukan pendidikan jasmani dan kesehatan secara keseluruhan di Indonesia.

Pedoman Teknis KOSN (Kompetisi Olahraga Siswa Nasional) Jenjang SMK Tahun 2020 dapat dibaca di bawah ini.


Pedoman Teknis KOSN (Kompetisi Olahraga Siswa Nasional) Jenjang SMK Tahun 2020 dapat diunduh (download) DI SINI.

Demikianlah informasi tentang Buku Pedoman Teknis KOSN (Kompetisi Olahraga Siswa Nasional) Jenjang SMK Tahun 2020. 

Semoga bermanfaat.

Sumber: https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/2020/10/18/buku-pedoman-kompetisi-olahraga-siswa-nasional-kosn-jenjang-smk-tahun-2020/

0 Response to "Buku Pedoman Teknis KOSN (Kompetisi Olahraga Siswa Nasional) Jenjang SMK Tahun 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel