Halaman

Buku Pedoman Kompetisi Sains Nasional Jenjang SMA Tahun 2020

 Buku Pedoman Kompetisi Sains Nasional Jenjang SMA Tahun 2020 




CecepGaos.Com
 - Halo, sahabat Edukasi! Selamat datang kembali di blog sederhana CecepGaos.Com, media informasi pendidikan terbaru. 

Kali ini, CecepGaos.Com akan berbagi informasi tentang Buku Pedoman Kompetisi Sains Nasional Jenjang SMA Tahun 2020. 

Beberapa hari yang lalu (23/09/2020), Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah merilis Daftar Daftar Peserta Per Provinsi dan Surat Pemanggilan Peserta KSN SMA/MA Tingkat Nasional Tahun 2020.

Hari Jumat (02/10/2020) melalui laman pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id, Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merilis Pedoman Kompetisi Sains Nasional Jenjang SMA Tahun 2020. 

Disebutkan dalam rilis tersebut bahwa Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 45 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, telah dibentuk nomenklatur baru, yaitu Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri melalui Sekretaris Jenderal. Puspresnas memiliki tugas melaksanakan penyiapan kebijakan teknis, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang pengembangan prestasi satuan pendidikan dan peserta didik.

Lebih lanjut disebutkan bahwa untuk dapat melaksanakan tugas tersebut, Puspresnas melaksanakan fungsi antara lain pelaksanaan pengembangan prestasi satuan pendidikan dan peserta didik yang implementasikan antara lain dengan melaksanaan lomba, festival, dan kompetisi. Di samping itu juga mengikuti ajang lomba atau sejenis di tingkat internasional.

Kemudian disebutkan bahwa dalam melaksanakan fungsi sebagaimana tersebut di atas, Puspresnas pada tahun 2020 ini akan melaksanakan Kompetisi Sains Nasional (KSN), dengan tujuan untuk memfasilitasi bakat, minat, dan prestasi peserta didik di bidang sains. Selain itu, kompetisi Sains diharapkan mampu membentu siswa berprestasi yang jujur, disiplin, sportif, tekun, kreatif, tangguh, dan cinta tanah air.

Sehubungan dengan adanya pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia, serta mengingat Pemerintah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar yang melarang warga Indonesia untuk masuk dan keluar dari satu wilayah ke wilayah lain, maka KSN tahun 2020 ini dilaksanakan menggunakan sistem dalam jaringan (daring).

Pelaksanaan KSN tahun 2020 diikuti oleh peserta didik yang lolos dari seleksi secara bertahap, yaitu: seleksi tingkat sekolah, KSN tingkat kabupaten/kota, KSN tingkat provinsi. Adapun sains yang akan dilombkan meliputi 9 (Sembilan) bidang keilmuan, yaitu: 
  • matematika
  • fisika
  • kimia
  • informatika/computer
  • biologi
  • astronomi
  • ekonomi 
  • kebumian dan 
  • geografi. 
Berikut ini Buku Pedoman Kompetisi Sains Nasional Jenjang SMA Tahun 2020 selengkapnya.


Buku Pedoman Kompetisi Sains Nasional Jenjang SMA Tahun 2020 dapat diunduh (download) DI SINI.

Untuk Pakta Integritas dapat diunduh (download) DI SINI.

Demikianlah Pedoman Kompetisi Sains Nasional Jenjang SMA Tahun 2020. 

Semoga bermanfaat.

Sumber: https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/2020/10/02/panduan-kompetisi-sains-nasional-2020/

0 Response to "Buku Pedoman Kompetisi Sains Nasional Jenjang SMA Tahun 2020 "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel