Halaman

Pendaftaran Peserta Pelatihan Daring Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran Matematika P4TK Matematika

 Pendaftaran Peserta Pelatihan Daring Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran Matematika P4TK Matematika

Sumber gambar: Screenshot laman P4TK Matematika

CecepGaos.Com - Halo, sahabat Edukasi! Selamat datang kembali di blog sederhana CecepGaos.Com, media informasi pendidikan terbaru.

Kali ini, CecepGaos.Com akan berbagi informasi tentang Pendaftaran Peserta Pelatihan Daring Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran Matematika P4TK Matematika Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Dilansir dari laman http://p4tkmatematika.kemdikbud.go.id, dalam rangka memfasilitasi peningkatan kompetensi PTK Matematika, khususnya kompetensi terkait pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pembelajaran matematika, P4TK Matematika Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menyelenggarakan Pelatihan Daring Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran Matematika. Pelatihan ini akan diampu oleh fasilitator dari peserta ToT Pelatihan Daring Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran Matematika yang telah diseleksi. Kegiatan ini ditujukan bagi guru kelas SD/MI dan Guru Matematika SMP/MTs, SMA/MA dan SMK atau yang sederajat dan dilaksanakan secara daring penuh sejumlah 52 JP. Rencana jadwal pelaksanaan kegiatan sebagai berikut:
  • Tahap 1 (10 kelas @25 peserta) : 5 s.d. 19 Oktober 2020
  • Tahap 2 (10 kelas @25peserta) : 20 Oktober s.d. 6 November 2020
Lebih lanjut disebutkan bahwa struktur program kegiatan pelatihan tersebut adalah sebagai berikut:

Struktur Program Jenjang SD


Struktur Program Jenjang SMP/SMA/SMK


Kemudian disebutkan bahwa Terkait kegiatan tersebut, PPPPTK Matematika membuka rekruitmen terbuka penjaringan calon peserta. Total peserta sasaran adalah 500 peserta yang dibagi ke dalam 20 kelas @25 peserta. Kuota setiap jenjang adalah 125 untuk 34 provinsi, sehingga setiap provinsi kuota per jenjang 3 s.d. 4 peserta. Kuota peserta per jenjang ditampilkan dalam tabel berikut:

Disebutkan pula bahwa calon pendaftar dimohon untuk memperhatikan dengan seksama tanggal pelaksanaan pelatihan ini sehingga calon peserta dapat mengalokasikan waktu untuk mengikuti seluruh kegiatan. Sebagai informasi, peserta yang tidak login selama 3 hari berturut-turut atau 5 hari tidak berturut-turut akan didiskualifikasi sebagai peserta diklat dan tidak akan menerima sertifikat/surat keterangan.

A. Persyaratan Peserta

Kriteria peserta Pelatihan Daring Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran matematika sebagai berikut:
  1. Calon peserta adalah guru kelas SD/MI dan Guru Matematika SMP/MTs, SMA/MA dan SMK atau yang sederajat, baik PNS maupun non-PNS. Calon peserta tidak menjabat sebagai Kepala Sekolah.
  2. Belum pernah mengikuti kegiatan pelatihan yang dilaksanakan oleh PPPPTK Matematika dalam 5 tahun terakhir dan semua pelatihan/bimtek online yang pernah dilaksanakan oleh PPPPTK Matematika.
  3. Mendapat ijin dari atasan langsung/Kepala Sekolah.
  4. Memiliki kemampuan IT yang baik.
  5. Tersedia jaringan internet yang memadai untuk mengikuti pembelajaran daring.
  6. Sanggup mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Pelatihan sesuai tanggal pelaksanaan. Peserta akan mendapatkan bantuan paket data. 
  7. Melaksanakan dan memenuhi seluruh penugasan selama pelaksanaan pelatihan dengan penuh tanggung jawab dan menjunjung tinggi kejujuran. 

B. Prosedur dan Ketentuan Pendaftaran

1. Membuat surat pernyataan dan kesanggupan akan mengikuti seluruh kegiatan sesuai dengan  format dalam tautan berikut:

Untuk mengunduh (download) klik [Format Surat Pernyataan dan Kesanggupan]    

Surat pernyataan diunggah dengan format nama file Jenjang_Nama 

              Contoh:  SMA_Dian Puspita

2. Mengunggah surat pernyataan dan kesanggupan saat mengisi formulir pendaftaran daring

3. Calon Peserta wajib mengisi formulir pendaftaran secara daring dalam tautan berikut:


4. Pendaftaran dibuka dari tanggal 28 s.d 29 September 2020 sampai dengan pukul 23.00 WIB. Pendaftaran sewaktu-waktu akan ditutup jika kuota peserta yang memenuhi syarat telah terpenuhi.

5. Penentuan peserta yang lolos adalah sebagai berikut:
  • Pemerataan wilayah dari 34 provinsi di Indonesia, kuota per provinsi masing-masing jenjang adalah  3 s.d. 4 peserta. Bila wilayah pendaftar kurang dari 34 provinsi, kuota provinsi yang kosong akan dialihkan ke provinsi dengan urutan jumlah pendaftar terbanyak.
  • Kesesuaian kriteria dan persyaratan
  • Kecepatan waktu pendaftaran, peserta yang memenuhi kriteria dan mendaftar lebih awal akan diutamakan.  
6. Pengumuman peserta terpilih akan diumumkan melalui website dan media sosial PPPPTK Matematika.

Demikianlah informasi Pendaftaran Peserta Pelatihan Daring Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran Matematika P4TK Matematika. 

Semoga beramnfaat.

Sumber: http://p4tkmatematika.kemdikbud.go.id/berita/2020/09/28/penjaringan-calon-peserta-pelatihan-daring-pemanfaatan-tik-dalam-pembelajaran-matematika/

0 Response to "Pendaftaran Peserta Pelatihan Daring Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran Matematika P4TK Matematika"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel