Halaman

Hadis tentang Persaudaraan

Sumber gambar: Kompasiana.com

Hadis tentang Persaudaraan

CecepGaos.Com - Halo, sahabat Edukasi! Selamat datang kembali di blog sederhana CecepGaos.Com, media informasi pendidikan.


Kali ini, CecepGaos.Com akan berbagi pembelajaran Hadis tentang Persaudaraan.

Assalamu'alaikum Wr. Wb. 

Selamat siang anak-anakku. Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat wal afiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. 

Sebelum memulai pembelajaran, marilah kita membaca doa terlebih dahulu dengan membaca surat Al-Fatihah. 

Anak-anakku hari ini kita akan belajar Hadis tentang Persaudaraan. Berikut ini adalah Hadis tentang Persaudaraan. 


Terjemah/Arti:

“Dari Nu’man bin basyir r.a., ia berkata, Rasulullah saw. Bersabda, ‘Kamu melihat orang-orang mukmin itu saling menyayangi, saling mencintai, dan saling menunjukkan rasa simpati, seperti halnya tubuh yang jika salah satu organ tubuhnya mengaduh kesakitan maka seluruh tubuh akan terpanggil (menjalar) untuk tidak tidur dan (merasakan) demam.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Untuk lebih jelas bagaimana cara membaca, memahami, dan menulis hadis tersebut, marilah kita simak video di bawah ini.


Hadis tersebut memberikan pelajaran bahwa kita semua adalah bersaudara. Sebagaimana digambarkan dalam hadis tersebut bahwa orang-orang mukmin itu seperti satu tubuh yang jika salah satu organ tubuhnya merasakan sakit maka seluruh tubuh akan turut merasakan sakit pula. Hal ini ditandai dengan tidak bisa tidur, kemdian sekujur tubuhnya menggigil demam.

Untuk menunjutkkan sikap persaudaraan di antara kita, harus dimulai dari diri kita masing-masing. Oleh karena itu, perlu dibiasakan terciptanya suasana persaudaraan di lingkungan kita berada. Sebagai muslim, hendaknya kita membiasakan hal-hal berikut.

  1. Mulailah dari sekarang menunjukkan sikap santun kepada anggota keluarga, sperti adik atau kakak.
  2. Hormatilah selalu orang tua dan guru.
  3. Tunjukkan rasa simpati kepada teman-teman sekelas.
  4.  Hindari sikap memusuhi dan membenci teman.
  5. Jika ada teman yang sakit atau mendapatkan musibah, segeralah tengok dan berilah bantuan.
  6. Jangan lupa berdoa, memohon diberikan petunjuk oleh Allah Swt agar menjadi muslim yang baik serta dapat menolong sesama dan memelihara persaudaraan.

Anak-anakku, demikianlah pembelajaran hadis tentang Persaudaran. Semoga kita semua dapat memahaminya dengan baik dan mengamalkannnya dalam kehidupan sehari-hari. 

Billlahittaufiq walhidayah. 

Wassalamu'alaikum Wr.Wb. 

Sumber: Abdul Djaliel, Maman. 2013. Mari Belajar Hadis Diniyah Takmiliyah Awaliyah untuk Kelas III Semester 1 dan 2 Edisi Pertama. Bandung: CV. Rizqi 

0 Response to "Hadis tentang Persaudaraan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel