Halaman

Walkback, Istilah Terbaru dalam Dunia Blog yang Perlu Kita Ketahui

Sumber: Dok. Cecep Gaos

"Walkback", Istilah Terbaru dalam Dunia Blog yang Perlu Kita Ketahui 

CecepGaos.Com - Halo, sahabat Edukasi! Selamat datang kembali di blog sederhana CecepGaos.Com, media informasi pendidikan.

Kali ini, CecepGaos.Com akan berbagi informasi tentang istilah "walkback" dalam dunia blogging.

Kesuksesan kita dalam melakukan blogging atau nge-blog bergantung pada seberapa jauh pemahaman kita tentang istilah-istilah yang berlaku atau digunakan dalam dunia blog, salah satunya istilah "WALKBACK". Istilah walback ini merupakan istilah baru hasil dari "kontemplasi" atau perenungan saya ketika melakukan blogging. 

Lalu apa itu "walkback"?

Sebelum saya menggambarkan atau menjelaskan apa itu "walkback", saya akan memberikan informasi terlebih dahulu tentang istilah-istilah dasar yang ada dalam dunia blog. 

Dikutip dari beberapa sumber, berikut ini adalah istilah-istilah dalam dunia blog.

1. Blog
Blog merupakan singkatan dari Web log yang merupakan sebuah halaman situs web online yang berisi tulisan-tulisan atau catatan-catatan yang disusun berdasarkan tanggal dan waktu.

2. Blogger 
Pengertian pertama: sebutan bagi pemilik blog atau seseorang yang mengelola blog.
Pengertian kedua: platform blog yang dimiliki dan dikelola oleh Google (blogger.com).

3. Blogging 
Blogging adalah segala kegiatan atau aktivitas seorang blogger dalam dunia blog. Dalam bahasa Indonesia, blogging dapat diartikan sebagai "Ngeblog".

4. Blogspot 
Blogspot merupakan layanan blog gratis milik Google (blogspot.com)

5. AdSense 
Adsense merupakan program penayangan iklan yang dimiliki oleh Google. Kita dapat mendaftarkan blog yang kita miliki sebagai publisher atau penerbit AdSense dengan syarat dan ketentuan tertentu. Dengan menjadi penerbit AdSense, kita akan dibayar oleh Google dari setiap iklan yang diklik oleh pengunjung. Sistem ini disebut dengan Pay Per Click (PPC).

6. Niche Blog 
Niche blog merupakan istilah untuk topik atau pokok yang dibahas dalam sebuah blog. Contohnya blog yang membahas tentang pendidikan, masakan, otomotif, games, dan lain sebagainya.

7. Label 
Label merupakan kategori untuk mengelompokkan suatu artikel dalam blog yang memiliki keterkaitan satu sama lain. Label ini untuk memudahkan kita dalam mencari sebuah artikel dalam halaman blog dengan topik atau bahasan tertentu.

8. Domain 
Domain merupakan sebuah nama yang digunakan untuk mengidentifikasikan atau mengenali sebuah website atau blog pada jaringan Internet. Contohnya www.cecepgaos.com, www.literahati.com, www.infodidaktik.com dan lain sebagainya.

9. TLD 
TLD merupakan singkatan dari Top Level Domain. Dalam hal ini, blog yang digunakan adalah blog yang sudah menggunakan domain berbayar alias tidak gratis, seperti .com, .sch, .co.id, dan lain sebagainya.

10. Hosting 
Hosting merupakan dalam komputer yang digunakan untuk menyimpan file sebuah website atau blog. Hosting juga digunakan sebagai tempat atau jasa internet untuk membuat sebuah halaman website atau blog secara online agar bisa diakses oleh orang lain.

11. SEO 
SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, yaitu suatu usaha untuk mengoptimalkan sebuah website atau blog dalam mesin pencari atau search engine, seperti Google, Yahoo, dan Bing, yang dilakukan dengan menggunakan teknik-teknik tertentu.

12. Link
Link merupakan URL yang terdapat pada sebuah teks atau gambar.

13. Backlink 
Backlink merupakan sebuah link yang berasal dari luar yang mengarah ke blog kita. Semakin banyak backlink yang didapat, maka semakin meningkat SEO blog kita.

14. Template 
Template merupakan rangkaian pola atau desain dalam sebuah blog. Fungsi Template adalah untuk mengatur tampilan blog.

15. DA/PA
DA merupakan kepanjangan dari Domain Authority. Sedangkan PA merupakan kepanjangan dari Page Authority. DA/PA berperan dalam SEO atau Search Engine Optimazion. DA/PA berfungsi untuk memberikan informasi tentang sejauh mana kualitas blog kita di mata mesin pencarian (search engine), seperti Google, Yahoo, dan Bing. 

PA merupakan gambaran rangking atau posisi blog kita di mesin pencarian, sedangkan DA lebih pada kekuatan blog yang dipengaruhi oleh seberapa lama usia blog kita, seberapa banyak jumlah konten atau bahkan seberapa populer blog kita.

Untuk mengetahui berapa score DA/PA blog kita, kita bisa menggunakan layanan pemeriksa DA/PA salah satunya kita bisa mencobanya DI SINI.

16. Blogosphere 
Blogosphere merupakan kata lain dari dunia blogging.

17. HTML 
HTML merupakan dari Hyper Text Markup Language. HTML merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat sebuah halaman website atau blog. HTML biasanya berisi sekumpulan perintah sebagai sebuah tampilan dengan format tertentu.

18. Laman
Laman atau page merupakan fitur dalam Blogger atau Blogspot untuk mempublikasikan informasi statis yang ditampilkan dalam halaman blog dan muncul tersendiri menjadi sebuah menu.

19. Meta Tag 
Meta tag merupakan kode HTML yang berguna untuk mendeskripsikan sebuah halaman blog kepada mesin pencari agar memudahkan pengindeksan. Meta tag biasanya berisi tentang deskripsi dan keyword sebuah blog.

20. Favicon 
Favicon merupakan singkatan dari Favorite Icon. Favicon merupakan istilah untuk menyebut ikon sebuah situs website atau blog. Biasanya ikon ini muncul pada tab browser atau address bar browser.

21. Header 
Header merupakan bagian paling atas halaman blog. Header ini biasanya menampilkan nama atau logo sebuah blog.

22. Footer 
Footer merupakan bagian paling bawah halaman blog. Footer ini biasanya diisi dengan berbagai widget ataupun atribut credit dari website atau blog.

23. Unique Visitor
Unique visitor merupakan jumlah pengunjung yang masuk ke suatu blog dalam waktu tertentu. Unique visitor berbeda dengan total visitor. Misalnya ada 4 orang masuk ke blog kita pada hari yang sama. Dari 4 orang tersebut, 2 orang berkunjung sebanyak 2 kali dan keduanya membuka 5 halaman blog.  Berarti unique visitor pada hari tersebut ada 4 orang. Total visitornya berjumlah 6 (karena 2 orang berkunjung sebanyak 2 kali ditambah 2 orang yang berkunjung sebanyak 1 kali dalam satu hari).

24. Click Bait
Click Bait adalah judul headline bombastis yang menarik pembaca.  Click Bait dirancang untuk menjadi sensasional sehingga bisa menjadi magnet yang membawa orang ke halaman suatu website atau blog.

25. Blogwalking 
Blog walking merupakan kegiatan jalan-jalan atau mengunjungi di blog orang lain dengan tujuan untuk menanamkan backlink dengan meninggalkan jejak berupa komentar yang disematkan link di dalamnya.

Selain 25 istilah-istilah tersebut, ada istilah lain yang saya temukan dalam dunia blog. Istilah ini merupakan hasil kontemplasi atau perenungan saya saat melakukan blogging, yaitu "Walkback"

Walkback merupakan feedback atau umpan balik dari kegiatan blogwalking yang kita lakukan atau dapatkan. Sederhananya walkback adalah mem-blogwalking balik.

Walkback ini perlu dilakukan agar terjadi simbiosis mutualisme (hubungan yang saling menguntungkan) antar para blogger.

Walkback ini barangkali bisa dipadankan dengan istilah follback (follow back) dalam dunia instagram.

Demikianlah istilah-istilah dalam dunia blog yang perlu kita ketahui agar kita menjadi blogger yang sukses di kemudian hari.

Semoga bermanfaat.

Sumber: 
http://www.kuliahkomputer.com/2018/09/istilah-dasar-dalam-dunia-blog.html
https://www.mostlyblogging.com/better-blogger-blogging-terms/
http://www.valandstories.com/2018/01/istilah-istilah-dalam-dunia-blog-yang.html

Baca juga: Bersama Komunitas Blogwalker Indonesia, The More We Blogwalk, the More We Get Health and Wealth

4 Responses to "Walkback, Istilah Terbaru dalam Dunia Blog yang Perlu Kita Ketahui"

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih Bapa. sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  3. I have express a few of the articles on your website now, and I really like your style of blogging. I added it to my favorite’s blog site list and will be checking back soon… game slot online

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel