Halaman

Panduan Penilaian Portofolio Terbaru yang Wajib Guru Ketahui

Sumber gambar: Cover Buku Panduan Penilaian Portofolio

Panduan Penilaian Portofolio Terbaru yang Wajib Guru Ketahui

CecepGaos.Com - Halo Sahabat Edukasi. Selamat datang kembali di Blog sederhana CecepGaos.Com, media infomasi pendidikan.

Kali ini Admin akan berbagi tentang panduan penilaian portofolio terbaru.

Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada Desember 2019 telah mengeluarkan buku panduan penilaian portofolio.

Buku panduan penilaian portofolio ini disusun untuk memberi wawasan kepada guru dalam melakukan penilaian portofolio baik untuk kepentingan penilaian formatif atau diagnostik maupun sumatif.

Berikut adalah poin-poin penting yang dapat Admin sarikan dari buku panduan tersebut.

Lingkup Portofolio
Hasil belajar siswa yang dapat tercakup dalam portofolio meliputi antara lain:

  1. perkembangan pemahaman siswa pada periode waktu tertentu 
  2. pemahaman dari banyak konsep dan topik yang diberikan
  3. mendemonstarasikan perbedaan bakat 
  4. kemampuan untuk menunjukkan pekerjaan yang original
  5. kegiatan selama periode waktu tertentu dan rangkuman arti dari kegiatan tersebut
  6. kemampuan untuk menampilkan dalam suatu variasi konteks tempat tertentu
  7. kemampuan untuk mengintegrasikan teori dan praktek
  8. refleksi nilai-nilai individu, pandangan dunia baru atau orientasi filosofi
Fungsi dan Tujuan Portofolio 
Fungsi: 
  1. Sebagai sumber informasi untuk guru dan siswa
  2. Untuk mengetahui perkembangan kompetensi siswa
  3. Memberikan bahan tindak lanjut dari suatu pekerjaan yang telah dilakukan siswa, sehingga guru dan siswa berkesempatan untuk mengembangkan kemampuannya
Tujuan:
  1. Mengetahui perkembangan yang dialami siswa
  2. Mendokumentasikan proses pembelajaran yang berlangsung
  3. Memberi perhatian pada prestasi kerja siswa yang terbaik
  4. Merefleksikan kesanggupan mngambil resiko dan melakukan ekperimentasi 
  5. Meningkatkan efektifitas proses pembelajaran
  6. Bertukar informasi dengan orang tua/wali siswa dan guru lain
  7. Membina dan mempererat pertumbuhan konsep diri positif pada siswa
  8. Meningkatkan kemampuan melakukan refleksi diri, dan
  9. Membantu siswa dalam merumuskan tujuan
Prinsip Portofolio
  1. Saling percaya (mutual trust) antara guru dan siswa
  2. Kerahasiaan bersama (confidentiality) antara guru dan siswa
  3. Milik bersama (joint ownership) antara siswa dan guru
  4. Kepuasan (satisfaction)
  5. Kesesuaian (relevance)
  6. Penilaian proses dan hasil 
Perbedaan Tes dan Portofolio
Perbedaaan antara tes dan portofolio dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

Jenis Portofolio 
Ada tiga jenis penilaian portofolio yang dapat digunakan oleh guru, yaitu penilaian portofolio kerja, portofolio dokumentasi, dan portofolio pilihan.

1. Portofolio Kerja (Working Portfolio)
Portofolio kerja adalah semua koleksi hasil kerja pada suatu mata pelajaran atau kompetensi pada periode waktu tertentu. Pada dunia pendidikan portofolio kerja siswa pada kompetensi menulis misalnya meliputi semua tulisan siswa baik berupa catatan, draf awal, draf setengah jadi, draf sebelum final, dan tulisan akhir. Portofolio kerja siswa untuk kompetensi Matematika kelas VII misalnya dapat berupa hasil ulangan atau kuis, laporan suatu tugas, refleksi atau hasil penilaian diri siswa, dan jurnal atau catatan harian siswa. 

Portofolio kerja mempunyai fungsi formatif dan diagnostik. Untuk siswa portofolio kerja sebagai bahan refleksi siswa, sementara untuk guru sebagai masukan guru untuk membantu siswa mengidentifikasi kelemahan, kelebihan, dan merancang strategi untuk membantu siswa mencapai kompetensi yang diharapkan. 

2. Portofolio Dokumentasi (Documentary Portfolio)
Portofolio dokumentasi adalah koleksi hasil kerja siswa pada suatu mata pelajaran pada satu periode waktu tertentu, yang khusus digunakan untuk penilaian. Tidak seperti portofolio kerja yang berisi semua hasil kerja, baik yang setengah jadi maupun sudah jadi, portofolio dokumentasi hanya berisi hasil kerja pilihan terbaik yang diajukan untuk dinilai. 

Portofolio dokumentasi tidak hanya berisi produk hasil kerja siswa, tetapi juga memuat informasi mengenai proses dalam menghasilkan produk tersebut.

Portofolio dokumentasi dapat berfungsi sebagai penilaian sumatif sekaligus formatif. Berfungsi sebagai sumatif dalam arti menunjukkan hasil atau capaian siswa pada suatu mata pelajaran atau kompetensi tertentu. Berfungsi sebagai formatif dalam arti hasil penilaian portofolio dokumentasi yang memberi informasi mengenai capaian siswa digunakan oleh guru untuk membantu siswa mencapai kompetensi yang diharapkan. 

3. Portofolio Pilihan (Showcase Portfolio)
Portofolio pilihan digunakan untuk menunjukkan hasil terbaik yang dihasilkan oleh siswa pada suatu mata pelajaran atau kompetensi tertentu. Tidak seperti portofolio dokumentasi yang memuat bukti proses dalam menghasilkan produk, portofolio pilihan hanya berisi produk yang telah selesai. Portofolio pilihan tidak memuat bukti proses pekerjaan, perbaikan, dan penyempurnaan produk. 

Portofolio pilihan digunakan untuk tujuan sumatif seperti seleksi, sertifikasi, maupun penialain kelas.

Merancang Penilain Portofolio
Ketika merancang porotfolio, guru harus memerhatikan tujuan, isi, pengelolaan, dan penilaian.

1. Tujuan
Guru perlu menentukan apa tujuan dari dari portofolio yang disusun: apakah untuk memantau proses (formatif) atau menilai capaian hasil belajar (sumatif) ataukah gabungan keduanya? Apabila tujuan portofolio untuk memantau proses dan terutama untuk mendorong siswa melakukan refleksi, maka portofolio kerja merupakan portofolio yang sesuai. Apabila portofolio untuk memantau perkembangan sekaligus menilai capaian hasil belajar siswa, maka portofolio dokumentasi merupakan pilihan yang sesuai. Apabila tujuan hanya untuk menilai hasil akhir terbaik siswa maka portofolio pilihan merupakan portofolio yang sesuai.

2. Isi Portofolio 
Isi portofolio hendaknya relevan dengan tujuan penilaian dan mencerminkan kompetensi yang dinilai. Untuk itu guru perlu mempertimbangkan beberapa hal:

  1. Jenis bukti atau bahan apa yang dimasukkan? Apakah penilaian diri (self assessment), hasil penyelesaian soal bentuk terbuka, karya tulis, hasil kerja dalam bentuk audio, dalam video, akan digunakan sebagai bagian penilaian portofolio? Apakah hasil kerja kelompok juga dapat dimasukkan?
  2. Seberapa banyak bukti yang dimasukkan? Apakah sebagian besar hasil kerja siswa atau hanya beberapa saja?
3
3. Pengelolaan Portofolio 
Siapa yang memilih isi portofolio? Apakah guru atau siswa atau keduanya bersama- sama? Untuk tujuan mendorong berkembangnya kemampuan melakukan penilaian diri dan refleksi, memberi kesempatan siswa untuk memilih merupakan langkah yang tepat. Guru kemudian dapat memberi masukan melalui proses diskusi. Melalui proses diskusi tersebut dapat dicapai kesepakatan bersama tentang bukti atau bahan yang perlu dikumpulkan, cara mengumpulkan, kriteria penilaian dan bobot penilaian bila diperlukan untuk masing-masing hasil kerja siswa tersebut. Hal ini penting supaya siswa mempunyai kesempatan untuk menyatakan kesulitan atau masalah yang mungkin mereka hadapi ketika mengumpulkan bahan-bahan tersebut. Namun yang lebih penting dari itu, proses pengambilan keputusan dengan diskusi semacam ini dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab pada diri siswa untuk bekerja sesuai dengan yang diharapkan.

Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah bagaimana bentuk portofolio dan bagaimana pengelolaannya. Apakah isi portofolio disimpan dalam suatu folder di lemari kelas atau disimpan oleh siswa; atau dalam bentuk digital (e-portfolio)? Juga perlu dipertimbangkan siapa yang mempunyai akses terhadap portofolio tersebut?

4. Penilaian Portofolio 
Untuk dapat memberi informasi yang bermanfaat, penilaian yang dilakukan terhadap portofolio siswa perlu disesuaikan dengan tujuan atau bentuk portofolio. Untuk portofolio kerja yang bertujuan formatif atau diagnostik, penilaian yang dilakukan untuk memperoleh informasi mengenai perkembangan siswa. Untuk keperluan ini penilaian diri, refleksi diri siswa penting, demikian pula diskusi guru dan siswa membahas kemajuan siswa. Penilaian yang dilakukan guru lebih kepada untuk dapat memberi masukan kepada siswa untuk mencapai tujuan atau penguasaan kompetensi.

Sementara untuk tujuan sumatif terutama high stakes misalnya hasil sertifikasi, seleksi, penilaian dilakukan untuk memperoleh informasi yang valid mengenai capaian siswa, objektivitas hasil menjadi hal yang penting. Oleh karena itu kriteria penilaian atau cara penilaian perlu dijabarkan secara spesifik sehingga siswa paham apa yang ditutut dan penilaian dapat dilakukan secara konsisten.

Penilaian portofolio selengkapnya dapat dibaca pada panduan di bawah ini. 



Buku panduan penilaian portofolio selengkapnya dapat diunduh (download) DISINI. 

Demikianlah informasi tentang panduan penilaian portofolio terbaru yang wajib guru ketahui. Semoga dapat menjadi pedoman bagi para guru dalam merancang penilaian portofolio di sekolah masing-masing. 

Semoga bermanfaat. 

Sumber: Tim Pusat Penilaian Pendidikan. 2019. Penilaian Portofolio. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan

Baca juga: Buku Panduan Penilaian Tes Tertulis Terbaru yang Wajib Guru Ketahui

Baca juga: Buku Panduan Penilaian Karakter Peserta Didik [Sebuah Model]

Baca jugaPanduan Penilaian Kinerja Peserta Didik Terbaru yang Wajib Guru Ketahui

Baca juga: Model Penilaian Formatif pada Pembelajaran Abad 21 untuk Sekolah Dasar

2 Responses to "Panduan Penilaian Portofolio Terbaru yang Wajib Guru Ketahui"

  1. Terima kasih, telah berbagi ilmu yg sangat brrmanfaat ini,pak.Barokalloh fii ilmi.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel