Halaman

Materi Pembelajaran Hadits tentang Bersikap Jujur

Materi Pembelajaran Hadits tentang Bersikap Jujur

Dok. Cecep Gaos

CecepGaos.Com - Halo, sahabat Edukasi! Selamat datang kembali di blog sederhana CecepGaos.Com, media informasi pendidikan.

Kali ini, CecepGaos.Com akan berbagi   Materi Pembelajaran Hadits tentang Bersikap Jujur.

Materi pembelajaran Hadits ini diperuntukkan untuk siswa/i semua jenjang yang berhubungan dengan Hadits tentang "Bersikap Jujur".

Selamat belajar ya...!

Untuk lebih memahami hadits tentang Bersikap Jujur, yuk kita pelajari materi berikut ini!

Matan Hadits




Terjemahan/Arti

(Wajib) atas kalian berlaku jujur, karena kejujuran akan membawa kepada kebaikan, kebaikan akan membawa kepada surga dan seseorang akan senantiasa jujur dan melakukannya sampai ia akan dicatat di sisi Allah Swt. sebagai orang yang jujur. (HR. Muslim)


Untuk mengetahui cara membaca hadits tersebut dengan benar, silakan simak VIDEO INI.

Penjelasan

Kejujuran seperti mata uang yang berlaku di mana-mana. Demikian peribahasa atau nasihat tentang pentingnya sebuah kejujuran. 

Mata uang Rupiah hanya berlaku di Indonesia, tidak berlaku di negara lain. Demikian pula Dolar, Ringgit, Yen, dan lain sebagainya hanya akan berlaku di negara masing-masing, dan tidak berlaku di negara lainnya. 

Beda lagi dengan nilai kejujuran, di mana pun, di negara mana pun ia akan berlaku dan sangat dihargai, semua orang menjunjung tinggi nilai kejujuran. 

Seseorang akan mempunyai kepercayaan dan kedudukan yang tinggi manakala memiliki nilai kejujuran. Seorang yang jujur akan mendapat posisi dan tempat terbaik di lingkungannya, bukan hanya di hati saudara, kerabat, dan keluarga, tetapi menempati hati setiap orang, melintasi batas suku, bangsa, dan agama. Sebab, semua orang mendambakan kejujuran.

Kejujuran akan membawa kepada kebaikan dalam berbagai hal, baik dalam hal berbisnis, kepemimpinan, maupun dalam hal hubungan sosial kemasyarakatan.  

Seseorang yang selalu bersikap jujur maka akan dikenal oleh lingkungannya sebagai orang yang jujur. Demikian pula akan dicatat oleh Allah Swt. sebagai orang yang jujur, dan akan dimasukkan ke dalm surga. 

Jujur merupakan bagian dari sifat para nabi yaitu sifat Shiddiq (jujur). Maka berlaku jujurlah meskipun awalnya pahit, tetapi akhirnya akan mendapatkan kemenangan, ketenangan, dan kesenangan.

Anak-anakku, demikianlah Materi Pembelajaran Hadits tentang Bersikap Jujur.

Semoga dapat dipahami dengan baik dan kita dapat menjadi orang-orang jujur.

Semoga bermanfaat.

Sumber: 
Miftah, Ade. 2020. Pelajaran Hadits Kelas 2 Diniyah Takmiliyah Awwaliyah. Depok: Sahifa Publishing



0 Response to " Materi Pembelajaran Hadits tentang Bersikap Jujur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel