Halaman

Beberapa Ciri Siswa Bermasalah yang Perlu Diwaspadai Guru dan Orang Tua

Beberapa Ciri Siswa Bermasalah yang Perlu Diwaspadai Guru dan Orang Tua

Sumber gambar: FB GTK Dikdas Kemdikbud


CecepGaos.Com - Halo, Sahabat Edukasi! Selamat datang kembali di blog pendidikan CecepGaos.Com, media informasi pendidikan terbaru.

Kali ini, CecepGaos.Com akan berbagi artikel atau informasi tentang Beberapa Ciri Siswa Bermasalah yang Perlu Diwaspadai Guru dan Orang Tua. 

Sumber gambar: FB GTK Dikdas Kemdikbud

Sebelumnya, perlu disampaikan bahwa tujuan blog CecepGaos.Com membagikan informasi ini adalah agar informasi tentang Beberapa Ciri Siswa Bermasalah yang Perlu Diwaspadai Guru dan Orang Tua ini dapat tersebar lebih luas dan diketahui oleh sebanyak-banyaknya guru/pendidik dan orang tua di seluruh Indonesia. 

Dikutip dari page FB GTK Dikdas Kemdikbud, disebutkan bahwa ada beberapa ciri pada siswa yang perlu diwaspadai oleh baik guru maupun orang tua. Ciri-ciri tersebut adalah Separation Anxiety, Perilaku Agresif, Sering Murung/Melamun/Menyendiri, Hiperaktif, dan gejala cemas lainnya. Ciri-ciri ini perlu menjadi perhatian baik dari para guru  maupun orang tua karena akan memberikan dampak pada perkembangan siswa dalam menerima pelajaran.

1. Separation Anxiety

Separation anxiety adalah kondisi dimana anak akan merasakan ketakutan berlebih dan cemas apabila harus berpisah dari orang tua atau berada jauh dari rumah. Beberapa gejala meliputi:

  • Rasa khawatir/gelisah berlebih, anak yakin hal buruk akan terjadi pada dirinya jika jauh dari orang tua. 
  • Takut sendirian
  • Tantrum, sering merengek
  • Sering mengeluh sakit kepala atau perut saat hari-hari sekolah
2. Perilaku Agresif

Perilaku agresif pada anak dapat muncul dalam berbagai bentuk, seperti:
  • Ledakan amarah dan tantrum
  • Memukul dan menendang
  • Merundung teman lainnya
  • Menghancurkan barang-barang
  • Mengejek, mengata-ngatai, dan merendahkan orang lain dengan maksud menyakiti (kekerasan verbal) 
  • Mengancam, baik secara fisik maupun verbal
Sumber gambar: FB GTK Dikdas Kemdikbud

3. Sering Murung/Melamun/Menyendiri

Anak atau siswa yang tampak sering murung/melamun cenderung memendam permasalahan dan stress, namun mereka juga merasa bingung tentang bagaimana cara menceritakan masalahnya pada orang dewasa atau guru. Hal lain yang perlu diperhatikan dari siswa yang sering murung di sekolah adalah perilaku sering menyendiri, sulit untuk berinteraksi dengan teman sebayanya. 

4. Hiperaktif

Anak yang hiperaktif cenderung susah untuk diam, berkonsentrasi dan mudah bosan dalam mengerjakan sesuatu. Anak yang hiperaktif cenderung dianggap mirip dengan pembuat onar atau anak yang berperilaku agresif. Padahal kedua hal itu berbeda. Anak agresif cenderung berintensi menguasai atau menyakiti orang lain, sementara anak hiperaktif cenderung tidak tahu atau menyadari perilakunya mengganggu orang lain. 

5. Gejala Cemas Lainnya

Misalnya tiba-tiba gagap, mengompol, atau siswa yang tiba-tiba menjadi gagap saat berbicara dengan guru atau dalam situasi di kelas, mengindikasikan bahwa siswa tersebut mengalami kecemasan terkait situasi belajar (academic anxiety). Kecemasan itu perlu menjadi perhatian baik dari guru maupun orang tua karena akan berdampak pada kesulitan siswa menerima pembelajaran.

Sumber gambar: FB GTK Dikdas Kemdikbud


Demikianlah artikel atau informasi tentang Beberapa Ciri Siswa Bermasalah yang Perlu Diwaspadai Guru dan Orang Tua. 

Semoga bermanfaat. 

Sumber: https://www.facebook.com/pg.dikdas.kemdikbud

0 Response to "Beberapa Ciri Siswa Bermasalah yang Perlu Diwaspadai Guru dan Orang Tua"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel