Halaman

Hadits Tentang Muslim/Muslimah Yang Paling Baik


Hadits Tentang Muslim/Muslimah Yang Paling Baik

Sumber gambar: id.pinterest.com


CecepGaos.Com - Halo, sahabat Edukasi! Selamat datang kembali di blog sederhana CecepGaos.Com, media informasi pendidikan terbaru.


Kali ini, CecepGaos.Com akan berbagi pembelajaran Hadits Tentang Muslim/Muslimah Yang Paling Baik.

Assalamu'alaikum Wr. Wb. 

Selamat siang anak-anakku. Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat wal afiat dan selalu dalam lindungan Allah Swt. 

Sebelum memulai pembelajaran, marilah kita membaca doa terlebih dahulu dengan membaca surat Al-Fatihah. 

Anak-anakku hari ini kita akan belajar Hadis tentang Muslim/Muslimah yang Paling Baik. Berikut ini adalah Hadits Tentang Muslim/Muslimah Yang Paling Baik. 




Terjemah/Arti:

“Dari Abu Hurairah r.a., ia berkata, Rasulullah Saw. bersabda, 'Orang mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah daripada orang mukmin yang lemah, dan dalam segala hal ia selalu baik. Raihlah apa yang bermanfaat bagimu, berharaplah pada pertolongan Allah, dan janganlah berketetapan lemah. Jika kamu tertimpa sesuatu maka janganlah mengatakan, 'Seandainya aku tadi melakukan begini, tentu akan begini,' tetapi katakanlah, Allah telah menentukan demikian, dan apa yang dikehendaki Allah tentu akan terjadi. Sesungguhnya kata "seandainya" itu akan membukukan amal perbuatan setan.' (Hadis ini diriwayatkan oleh Muslim )

Untuk lebih jelas bagaimana cara membaca, memahami, dan menulis hadis tersebut, marilah kita simak video di bawah ini.


Isi Kandungan Hadis

Hadis tersebut dapat kita pahami bahwa seorang muslim/muslimah yang paling baik dan paling dicintai Allah dan Rasul-Nya adalah seorang muslim/muslimah yang imannya kuat, selalu menggunakan waktu dan kesempatan dalam hidupnya untuk meraih hal-hal yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain. 

Di samping itu, ia selalu dekat dengan Allah yang diwujudkan dengan melaksanakan amal ibadah secara maksimal dan selalu mengharapkan pertolongan dan petunjuk serta bimbingan Allah. Dia pun teguh pendiriannya dalam menjalankan ajaran agama dan selalu menerima apa pun ketentuan Allah yang datang kepada dirinya.

Rasulullah Saw. memerintahkan kita untuk berusaha keras meraih hal-hal yang bermanfaat dalam kehidupan dunia dan akhriat. Seorang muslim/muslimah yang baik tidak akan membuang waktu dan kesempatan begitu saja dalam meraih harta, kehormatan, ilmu pengetahuan, atau melakukan amalan yang sekaligus mendekatkan diri kepada Allah dan bermanfaat di dalam kehidupan akhiratnya kelak.

Seorang muslim dan muslimah yang baik adalah yang tidak melupakan Allah, baik dalam keadaan suka maupun duka selama menjalani kehidupannya. Kemudian, dia pun tidak patah harapan dalam meraih tujuannya. Jiwanya penuh berisi keyakinan terhadap Allah dan segala bentuk kemalasan mampu dia singkirkan.

Hal-hal yang dapat dilakukan untuk menjadi muslim/muslimah yang paling baik, yaitu:

  • Selalu memelihara, menjaga, dan memperkuat keimanan dengan rajin beribadah, mencari ilmu, dan berbuat baik kepada sesama.
  • Selalu menghargai waktu dan kesempatan dengan menggunakannya bagi hal-hal bermanfaat.
  • Selalu mengharapkan pertolongan Allah, serta rajin berdoa agar selalu diberi petunjuk ke jalan yang benar.
  • Teguhkan pendirianmu dalam beragama dan meraih cita-cita.
  • Tanamkan dalam hatimu bahwa dalam hidup ini ada yang mengatur dan menentukan, yaitu Allah Swt.
  • Tanamkan cita-cita setinggi langit agar menjadi muslim yang baik, yang bermanfaat bagi agama dan negeri Indonesia tercinta ini.

Anak-anakku, demikianlah pembelajaran hadis tentang Muslim/Muslimah Yang Paling Baik. Semoga kita semua dapat memahaminya dengan baik dan mengamalkannnya dalam kehidupan sehari-hari. 

Billlahittaufiq walhidayah. 

Wassalamu'alaikum Wr.Wb. 

Sumber: Abdul Djaliel, Maman. 2013. Mari Belajar Hadis Diniyah Takmiliyah Awaliyah untuk Kelas III Semester 1 dan 2 Edisi Pertama. Bandung: CV. Rizqi 

0 Response to "Hadits Tentang Muslim/Muslimah Yang Paling Baik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel