Halaman

SEAMEO-JAPAN ESD Award Tahun 2020

Sumber: SS Info Seameo-Japan Award 2020 (seameo.org)

SEAMEO-JAPAN ESD Award 2020

CecepGaos.Com - Halo, sahabat Edukasi! Selamat datang kembali di blog sederhana CecepGaos.Com, media informasi pendidikan.

Kali ini, CecepGaos.Com akan berbagi informasi tentang SEAMEO-Japan ESD Award (Penghargaan Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan SEAMEO-Jepang ).

Dikutip dari laman www.seameo.org, Southeast Asian Minsters of Education Organization  (SEAMEO) dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains dan Teknologi, Jepang (MEXT), bekerja sama dengan Biro Regional untuk Pendidikan UNESCO Asia dan Pasifik, telah menunjukkan komitmen bersama untuk mempromosikan Best Practices (Praktik Terbaik) dalam hal Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (ESD) di sekolah-sekolah di seluruh Asia Tenggara, dengan menyelenggarakan SEAMEO - JAPAN ESD Award. Penghargaan ini telah diadakan setiap tahun sejak 2012.

Tujuan 
Tujuan dari SEAMEO-Japan ESD Award adalah sebagai berikut.
  1. Untuk meningkatkan kesadaran ESD di sekolah-sekolah dan masyarakat di seluruh Asia Tenggara;
  2. Untuk mempromosikan praktik terbaik ESD di sekolah-sekolah dan masyarakat di seluruh Asia Tenggara;
  3. Untuk berbagi dan bertukar pengetahuan dan praktik terbaik tentang ESD di sekolah-sekolah di seluruh Asia Tenggara dan Jepang;
  4. Untuk mendorong jejaring di antara sekolah dan masyarakat yang menerapkan praktik ESD di negara-negara Asia Tenggara dan Jepang; dan
  5. Untuk mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) Perserikatan Bangsa-Bangsa.
Tema
SEAMEO - JAPAN ESD Award Tahun 2020 mengusung tema sebagai berikut.
Addressing Plastic Problems for Transforming Communities
(Mengatasi Masalah Plastik untuk Mentransformasi Komunitas)
Tujuan dari skema penghargaan tahun ini adalah:
  1. Untuk mempromosikan sistem pengelolaan limbah dan inisiatif plastik lainnya di sekolah-sekolah di Asia Tenggara dan Jepang yang berkontribusi pada transformasi masyarakat dan ekosistem;
  2. Untuk berbagi inisiatif dan praktik-praktik baik yang mendukung pembangunan berkelanjutan melalui integrasi sistem pengelolaan limbah ke dalam program sekolah holistik;
  3. Untuk mendorong sekolah mengembangkan dan meningkatkan kegiatan dan program ESD saat ini.
Di bawah tema "Mengatasi Masalah Plastik untuk Mengubah Komunitas," entri sekolah harus mencakup kriteria sebagai berikut.
  1. Entri harus relevan dengan tema, dan memberikan rincian inisiatif/program/inovasi sekolah terkait dengan praktik pengelolaan limbah plastik atau lainnya yang sekolah telah selesaikan dengan masalah plastik secara keseluruhan di sekolah dan masyarakat.
  2. Entri harus menunjukkan bagaimana inisiatif/program sekolah mengubah masyarakat dan memberikan bukti yang berdampak dalam mengurangi penggunaan plastik dan/atau meningkatkan sistem pengelolaan limbah plastik serta membersihkan ekosistem masyarakat.
  3. Entri harus menunjukkan keterlibatan masyarakat dengan mitra multisektoral yang menciptakan kemitraan yang saling menguntungkan, memperdalam pengalaman belajar siswa, mendukung pertumbuhan siswa, dan menopang masyarakat.
  4. Sekolah harus secara jelas menunjukkan integrasi inisiatif/program sekolah dalam semua aspek sekolah seperti kebijakan sekolah, rencana manajemen, kurikulum, praktik belajar mengajar, kegiatan ko-kurikuler dan siswa, upaya kemitraan, partisipasi masyarakat, dan sebagainya. (Silakan merujuk ke "Formulir Pengiriman".)
Peserta
Semua sekolah di negara-negara Asia Tenggara diundang untuk mengikuti kompetisi ini. Sekolah negeri maupun swasta, dari semua jenjang pendidikan (TK, SD, SMP, SMA, SMK) di 11 negara Asia Tenggara - yaitu Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Timor-Leste dan Vietnam diundang untuk menyerahkan informasi tentang program, proyek, dan kegiatan yang terkait dengan tema kompetisi tahun ini.

Hadiah
1) Pemenang Hadiah Pertama
- USD $ 1.500
- Tur studi ke Jepang
(Penyelenggara akan mensponsori biaya perjalanan untuk empat hingga enam orang, yang meliputi tiket pulang-pergi, akomodasi selama tiga malam, transportasi domestik di Jepang, juru bahasa, dan biaya visa).

2) Pemenang Hadiah Kedua
- USD $ 1.000

3) Pemenang Hadiah Ketiga
- USD $ 500

4) Hadiah Khusus dari Sekretariat SEAMEO untuk program terbaik yang dilaksanakan di sekolah-sekolah kecil dengan kurang dari 250 siswa
- USD $ 1.000

Semua sekolah yang menang akan menerima Plakat Pengakuan dan Sertifikat Penghargaan untuk guru dan siswa yang terlibat dalam perencanaan dan pelaksanaan program sekolah.

Seorang perwakilan dari sekolah yang menang akan disponsori untuk berpartisipasi dalam upacara presentasi penghargaan yang akan diadakan pada Pertemuan Pejabat Tinggi SEAMEO di Bangkok pada bulan November 2020.

Semua sekolah terpilih akan menerima Sertifikat Pengakuan untuk sekolah. Koordinator sekolah terpilih (Maksimal 2 orang) akan menerima Sertifikat Penghargaan.

Semua sekolah yang berpartisipasi yang telah mengirimkan entri yang relevan dengan tema tersebut akan diakui (nama, nama proyek dan negara) di situs web SEAMEO dan menerima Sertifikat Partisipasi.

Pedoman Pengajuan
  1. Sekolah dapat mengirimkan informasi tentang program/proyek/kegiatan sekolah terkait dengan tema “Mengatasi Masalah Plastik untuk Mengubah Komunitas” dari 10 April hingga 14 Agustus 2020.
  2. Batas waktu pengajuan entri adalah Jumat 14 Agustus 2020. (Pengajuan yang terlambat tidak akan diterima.)
  3. Setiap sekolah hanya dapat mengirimkan satu entri.
  4. Pengajuan program sekolah harus dilakukan melalui templat "Formulir Pengajuan 2020 SEAMEO-Japan ESD Award".
Formulir Pengiriman dapat diunduh dari situs web SEAMEO: 

Sekolah dapat meminta Formulir Pengajuan melalui email: seameojapan.award@seameo.org.

Tanggal-tanggal Penting
Sumber: www.seameo.org
Informasi Kontak
Untuk pertanyaan, silakan hubungi:
Ms. Piyapa Su-angavatin Koordinator SEAMEO-Jepang ESD Award 
Sekretariat SEAMEO

920 Sukhumvit Road, Distrik Klongtoey, Bangkok 10110, THAILAND.

Email: seameojapan.award@seameo.org 
Situs web: www.seameo.org
Tel: +662 391 0144

Faks: +662 381 2587

Selengkapnya tentang SEAMEO - JAPAN ESD Award Tahun 2020 dapat dibaca di bawah ini.


Sumber: www.seameo.org

Klik [Information Note of 2020 SEAMEO-JAPAN ESD] untuk mengunduh (download0 informasi tentang SEAMEO-JAPAN ESD Award Tahun 2020.

Klik [Submission Form and Guideline] untuk mengunduh (download) formulir pengajuan.

Klik [Poster] untuk mengunduh (download) Poster SEAMEO-JAPAN ESD Award Tahun 2020. 

Demikianlah informasi tentang SEAMEO-JAPAN ESD Award Tahun 2020. 

Semoga bermanfaat.

Sumber: https://www.seameo.org/Main_programme/213

0 Response to "SEAMEO-JAPAN ESD Award Tahun 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel