Halaman

Tutorial Cara Membuat Game Cari Kata [Word Search] Online di Blog

Dok. Pribadi

Tutorial Cara Membuat Game Cari Kata [Word Search] Online di Blog 

CecepGaos.Com - Halo, Sahabat Edukasi. Selamat datang kembali di blog sederhana CecepGaos.Com, media informasi pendidikan.

Kali ini, CecepGaos.Com akan berbagi tutorial cara membuat Croosword atau TTS online di blog seperti Latihan Soal dan Lembar Kerja Word Sarch (Cari Kata) tentang Virus Corona (Covid-19) ini.

Sebelum melakukan langkah-langkah membuat Game Cari Kata online ini, siapkan terlebih dahulu kata-kata apa saja yang akan di masukkan pada Game Cari Kata tersebut. Bisa disiapkan terlebih dahulu daftar katanya di Microsoft Word atau Word Pad. Jika ada kata yang terdiri dari dua kata atau lebih, sebaiknya digabungkan. Misalnya kata "Social Distancing" disatukan menjadi "SocialDistancing", kata "Work From Home" disatukan menjadi "WorkFromHome".
Daftar kata (Dok. Pribadi)
Selanjutnya lakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Buka browser, misalnya Google Chrome", kemudian ketikkan "www.proprofs.com"


2. Setelah itu, klik "Sign up" yang saya lingkari warna merah ini (sebelah kanan atas) untuk mendaftar. Gunakan email aktif untuk mendaftar.
Sign up/mendaftar (Dok. Pribadi)
3. Setelah berhasil mendaftar, silakan cek email, lalu "Login". Setelah itu, isikan alamat email dan password dengan alamat email dan password yang dipakai saat mendaftar. Kemudian klik "Login"
Login (Dok. Pribadi)
 4. Setelah berhasil Login, akan masuk ke dashboard atau halaman utama. Kemudian klik menu "Products", lalu pilih "Brain Games"

5. Setelah itu, akan masuk ke halaman pilihan game. Lalu scroll/gulung ke bawah sampai menemukan daftar game di bawah judul "Create your own games". Lalu pilih "Word Search"
Create/buat game word search (Dok. Pribadi)
6. Setelah itu isi kolom judul, deskripsi, kata-kata, klik Add more words untuk menambahkan kata yang lain jika kolom yang tersedia tidak cukup. Setelah semua kata dimasukkan, atur tingkat kesulitan dan waktu. Kemudian klik "Create My Game" untuk membuat gamenya.
Dok. Pribadi
7. Setelah klik "Create My Game, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Game cari kata telah sukses dibuat dan siap untuk dimainkan atau diisi secara online.
Game sukses dibuat( Dok. Pribadi)
8. Setelah game sukses dibuat, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Untuk menyisipkannya di blog kita, jangan dulu klik "Play",  tetapi ambil kode script embed-nya dengan mengklik tanda embed/sisip (embed on your website) yang di beri tanda panah dan dilingkari warna merah di bawah ini. Setelah diklik akan muncul kode script embed, lalu copy/salin script tersebut. Lalu paste/simpan terlebih dahulu di MS Word atau Word Pad.
Dok. Pribadi

9. Setelah kode scriptnya didapatkan, kemudian sisipkan di blog. Cara menyisipkannya sama dengan cara menyisipkan kode script di Tutorial Cara Membuat TTS Online [Crossword] di Blog ini.

10. Setelah itu, maka game cari kata (Word Search) siap dimainkan atau diisi di halaman blog kita.

Demikianlah tutorial cara membuat game cari kata (Word Search) online di blog.

Semoga bermanfaat.

Baca juga: Tutorial Cara Membuat TTS Online [Crossword] di Blog

Baca juga: Latihan Soal dan Lembar Kerja Word Sarch (Cari Kata) tentang Virus Corona (Covid-19)

Baca juga: Lembar Kerja tentang Virus Corona (Covid-19) [Crossword/TTS)


0 Response to "Tutorial Cara Membuat Game Cari Kata [Word Search] Online di Blog "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel