Halaman

Buku Teknik-Teknik Penilaian Formatif untuk Sekolah Menengah Pertama | Penilaian Berbasis Kelas


Buku Teknik-Teknik Penilaian Formatif untuk Sekolah Menengah Pertama | Penilaian Berbasis Kelas

Sumber gambar: SS Cover Buku Penilaian Berbasis Kelas SMP 

CecepGaos.Com - Halo, Sahabat Edukasi! Selamat datang kembali di blog pendidikan CecepGaos.Com, media informasi pendidikan terbaru.

Kali ini, CecepGaos.Com akan berbagi informasi tentang Buku Teknik-Teknik Penilaian Formatif untuk Sekolah Menengah Pertama | Penilaian Berbasis Kelas.

Sebelumnya, perlu disampaikan bahwa tujuan blog CecepGaos.Com membagikan informasi ini adalah agar informasi tentang Buku Teknik-Teknik Penilaian Formatif untuk Sekolah Menengah Pertama | Penilaian Berbasis Kelas dapat tersebar lebih luas dan diketahui oleh sebanyak-banyaknya guru atau pendidik di seluruh Indonesia.

Dikutip dari laman http://ditsmp.kemdikbud.go.id/, Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah menerbitkan Buku Penilaian Berbasis Kelas/Teknik-Teknik Penilaian Formatif untuk Sekolah Menengah Pertama.

Disebutkan bahwa penulisan Buku Penilaian Berbasis Kelas/Teknik-Teknik Penilaian Formatif untuk Sekolah Menengah Pertama ini didorong oleh idealisme untuk menciptakan pembelajaran yang efektif agar pencapaian belajar semua siswa optimal. Sejalan dengan prinsip-prinsip pembelajaran abad ke-21, kegiatan pembelajaran dirancang dan dilaksanakan dengan memperhatikan kebutuhan siswa pada setiap tahapan belajar (student-centered learning). 

Lebih lanjut disebutkan bahwa Buku Penilaian Berbasis Kelas/Teknik-teknik Penilaian Formatif Kelas untuk SMP ini secara ringkas menguraikan konsep dan pelaksanaan penilaian formatif. Pertama adalah
pengertian, tujuan, prinsip-prinsip penilaian formatif, hubungan antara penilaian formatif dan pembelajaran. Cakupan dan berbagai macam teknik penilaian formatif dan pemberian umpan balik oleh guru. Kedua adalah teknik dan contoh-contoh penilaian formatif untuk sikap, pengetahuan, keterampilan, kecakapan belajar siswa, dan kesesuaian materi dan metode pembelajaran yang digunakan guru. Uraian singkat setiap contoh teknik penilaian formatif mencakup pengertian, tujuan, contoh operasional, prosedur, analisis hasil, dan umpan balik beserta tindak lanjut. Ketiga, perencanaan pembelajaran dan penilaian formatif dijelaskan untuk memberi gambaran bagaimana guru merencanakan pembelajaran dan penilaian formatif dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Penjelasan-penjelasan dilengkapi dengan infografis yang diharapkan membantu mempermudah memahami konsep dan contoh-contoh yang diuraikan. 

Pengertian Penilaian Formatif 
Disebutkan bahwa ada beberapa pengertian penilaian formatif. Higgins dkk. (2010) mendefinisikan penilaian formatif sebagai tugas yang dikerjakan oleh siswa selama proses pembelajaran agar siswa
memperoleh umpan balik dari guru untuk memperbaiki capaian belajarnya, terlepas apakah pekerjaan siswa tersebut dinilai atau tidak. Dalam Buku Penilaian Berbasis Kelas/Teknik-Teknik Penilaian Formatif untuk Sekolah Menengah Pertama ini, penilaian formatif yang juga biasa disebut assessment for learning didefinisikan sebagai proses mengumpulkan data/informasi/bukti-bukti mengenai sejauh mana (seberapa baik) kemajuan siswa dalam menguasai kompetensi, menginterpretasikan data/informasi tersebut, dan memutuskan kegiatan pembelajaran yang paling efektif untuk memfasilitasi setiap siswa untuk mencapai penguasaan materi/kompetensi yang optimal. Penilaian formatif merupakan bagian dari langkah-langkah pembelajaran dan dilakukan selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Penilaian formatif merupakan bagian dari praktik keseharian guru dan siswa di dalam proses belajar mengajar di kelas. 

Lebih lanjut disebutkan bahwa penilaian formatif berbeda dengan penilaian sumatif. Penilaian sumatif dilaksanakan pada akhir pembelajaran satu atau beberapa kompetensi dasar. Hasil penilaian sumatif digunakan untuk membuat keputusan apakah seorang siswa dapat melanjutkan atau tidak dapat melanjutkan ke kompetensi berikutnya, naik kelas atau tidak, dan lulus atau tidak lulus. Hasil penilaian sumatif diperhitungkan dalam pengolahan nilai pada buku rapor. Namun demikian, hasil penilaian sumatif sebenarnya juga dapat dipakai untuk memutuskan tujuan dan kegiatan pembelajaran berikutnya.

Berikut ini perbedaan antara penilaian formatif dan penilaian sumatif.

Prinsip-prinsip Penilaian Formatif
Ada beberapa prinsip yang melandasi pelaksanaan penilaian formatif. Di antara prinsip-prinsip
tersebut adalah sebagai berikut.
  1. terintegrasi dengan kegiatan pembelajaran yang sedang berlangsung;
  2. melibatkan siswa dalam pelaksanaannya (misalnya melalui penilaian diri, penilaian antarteman, dan refleksi metakognitif terhadap proses belajarnya); dan 
  3. berkenaan tidak hanya dengan kemajuan penguasaan ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan, tetapi juga motivasi belajar, sikap terhadap pembelajaran, gaya belajar, dan kerjasama dalam proses pembelajaran.
Teknik-Teknik Penilaian Formatif untuk Sekolah Menengah Pertama selengkapnya dapat dibaca di bawah ini.


Buku Penilaian Berbasis Kelas/Teknik-Teknik Penilaian Formatif untuk Sekolah Menengah Pertama dapat diunduh (download) DI SINI.

Demikianlah informasi tentang Buku Penilaian Berbasis Kelas/Teknik-Teknik Penilaian Formatif untuk Sekolah Menengah Pertama. 

Semoga bermanfaat.

Sumber: http://ditsmp.kemdikbud.go.id/download/penilaian-berbasis-kelas-teknik-penilaian-formatif/

0 Response to "Buku Teknik-Teknik Penilaian Formatif untuk Sekolah Menengah Pertama | Penilaian Berbasis Kelas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel