Laman

Follow us on Facebook

Laman

Kamis, 16 Maret 2017

Percayalah, Media Ranking-1 Board itu Sederhana tapi Dahsyat!

Beberapa waktu yang lalu saya membuat inovasi media pembelajaran yang diberi nama Ranking-1 Board atau Papan Ranking 1. Setelah saya coba terapkan pada pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) di kelas 5B SD Puri Artha pada beberapa waktu yang lalu, ternyata it works. Karya tulis tentang Ranking-1 Board ini sila baca DISINI.

Kemudian beberapa waktu yang lalu, tepatnya hari Minggu tanggal 5 Maret 2017, saya coba terapkan Ranking-1 Board ini pada pendampingan persiapan anak saya menghadapi Ulangan Tengah Semester (UTS), terutama mata pelajaran matematika. Pada waktu itu materi yang akan diulangankan adalah tentang pecahan.

Contoh-contoh dan latihan-latihan soal yang saya berikan dikerjakan oleh anak saya dengan menggunakan Rangking-1 Board . Dengan menggunakan Ranking-1 Board tersebut, nampak kegembiraan dan semangat anak saya dalam mengerjakan latihan-latihannya.






Pun ketika evaluasi yang dilakukan setelah sesi pendampingan dan latihan, anak saya menunjukkan pemahaman yang lebih baik dan kegembiraan serta semangat belajar yang luar biasa. Sebelum evaluasi itu dilaksanakan, saya sudah siapkan 15 soal beserta kunci jawabannya. Kunci jawaban ini perlu disiapkan sebelumnya agar jawaban anak segera bisa diketahui benar atau salahnya, karena penggunaan Ranking-1 Board ini dilakukan dengan relatif cepat.






Dari 15 soal evaluasi yang diberikan, Alhamdulillah anak saya dapat menjawab dengan benar sebanyak 12 soal.

Jauh lebih penting dari itu semua, sekarang anak saya mendapatkan kesenangan dalam mengerjakan soal-soal matematika. Katanya belajar matematika itu sekarang lebih gampang dan menyenangkan. Alhamdulillah :)

Mudah-mudahan hasil UTS matematikanya lebih baik dari yang sebelumnya. :)

Terakhir, saya ingin menyampaikan bahwa Ranking-1 Board ini tidak hanya bisa digunakan oleh guru untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar para siswanya, tetapi juga bisa digunakan oleh orang tua untuk menemani putra/i nya belajar di rumah sehingga anak mau belajar dengan penuh semangat. Percayalah :)

0 komentar:

Posting Komentar